METRO7.CO.ID, Paringin – Untuk meningkatkan kemandirian keuangan Daerah melalui penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) khususnya lewat Pengelolaaan Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2), Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Balangan mengelar Rapat koordinasi Optimalisasi Penerimaan Sektor PPB-P2 Sekaligus Penyerahan Honorarium Kepada Petugas Verifikasi Data Piutang PBB-P2 se Kab Balangan , beberapa waktu lalu di aula benteng tundakan kantor Bupati setempat.

Rakor yang digelar guna guna memastikanImplementasi dari desentralisasi fiscal yang bertujuan Peningkatan PAD Balangan berjalan sesuai rencana dan target ini, diikuti oleh para camat dan kepala desa serta para petugas verifikasi data piutang PBB-P2 se Kab Balangan serta dibuka langsung oleh Bupati Balangan H Ansharuddin.

Dalam sambutannya, Bupati Balangan H Ansharuddin mengungkapkan, besaran PAD erat kaitannya dengan kemampuan daerah untuk menjadi lebih mandiri. Hal ini, perlu dukungan semua pihak termasuk masyarakat, salah satunya dengan kepatuhan dalam membayar PBB-P2 tersebut.

Apalagi kata Bupati, melalui desentralisasi fiskal pemerintah pusat telah melimpahkan kewenangan dan tanggung jawab kepada pemerintah daerah untuk memungut sumber Dana Bagi Hasil yang bersumber dari pajak yaitu Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

“Pemerintah pusat telah memberikan kewenangan kepada pemerintah daerah untuk mengelola PBB P-2 sektor perkotaan dan perdesaan menjadi pajak daerah. Sejalan dengan pelaksanaanya, diharapkan memberikan dampak positif dengan meningkatnya penerimaan PAD di daerah karena sebelumnya pemerintah daerah hanya menerima sekitar 64 persen dari PBB P-2 yang dikelola pemerintah pusat namun setelah diserahkan ke pemerintah daerah penerimaan yang diterima menjadi 100 persen,’’ bebernya.

Selain dari itu, orang nomor satu di Bumi Sanggam ini, beraharap adanya rakorOptimalisasi Penerimaan Sektor PPB-P2 ini, kedepan dapat memberikan kontribusi dalam pengelolaaan PBB-P2 di kabupatenBalangan. Bupati juga meminta kepada para Camat, Kades dan Lurah agar sungguh-sungguh bekerja membantu pemungutan PBB-P2, baik itu dalam pendataan wajib pajak baru, penyampaian SPPT kepada wajib pajak serta membantu kelancaran penyetoran PBB-P2.

“Mari kita sama-sama membangun Balangan salah satunya dengan meningkatkan sumber keuangan daerah kita, salah satunya dengan memperbesar PAD kita,’’ pintanya. (Metro7)