METRO7.CO.ID, Paringin – Peringatan hari lahir Nabi Muhammad SWA atau sering disebut Maulid di beberapa tempat di Banua memang tidak biasa. Selain diisi dengan pembacaan syair-syair Maulid secara meriah, pelaksanaan ini juga disertai juga dengan prosesi dan ritual budaya setempat.
Namun terpenting dari semua itu, selain sebagai media meneladani nabi besar Muhammad SWA juga sebagai sarana mempererat tali silaturahmi antar sesama.
Menurut Bupati Balangan H Ansharuddin, peringatan maulid Nabi ini, sebagai bentuk penghormatan kepada Rasulullah Muhammad SAW., sekaligus berharap agar kelak di hari kiamat mendapatkan syafaatnya.
”Ini juga sebagai upaya menanamkan kecintaan kita kepada Rasulullah dan juga bisa mempererat silaturahmi antara kita,” ujar Bupati Ansharuddin disela peringatan Maulid dikediaman pribadinya, di komplek SKB Paringin, Selasa (12/12) kemarin.
Dengan terjalinnya tali silaturahmi yang baik, menurut orang nomor satu di Bumi Sanggam ini, maka lingkungan sekitar akan terasa aman dan nyaman. Dampak positifnya umat Islam dapat menjalankan ibadahnya lebih khusyu karena tidak memiliki pikiran lain selain beribadah.
Selain untuk meningkatkan tali silaturahmi, kegiatan kegamaan seperti itu juga dapat dijadikan momentum untuk menambah rasa iman dan takwa kepada Allah SWT.
“Sebetulnya tidak hanya ketika perayaan keagamaan untuk meningkatkan silaturahmi dan mempertebal rasa keimanan umat, hal sudah menjadi kewajiban yang harus dilakukan setiap hari. Hanya saja kesempatan untuk berkumpul bersama dengan orang banyak ada pada waktu-waktu tertentu dan perayaan Maulid inilah salah satunya,” ucapnya.

Selain itu, dirinya juga mengimbau, agar masyarakat Balangan, terus menjaga kebersamaan dan kondisi kondusif yang selama ini telag berjalan dengan baik serta tidak mudah terpecah belah dengan adanya isu yang dapat merusak kerukunan umat beragama.
“Kami mengharapkan kondisi yang sudah berjalan seperti sekarang terus ditingkatkan serta dipertahankan oleh seluruh lapisan masyarakat,” pungkasnya. (Metro7)