METRO7.CO.ID, Paringin – Forum Komunikasi Persatuan Kepala Desa (Perkades) se Kabupaten Balangan kembali menggelar pertemuan, kali ini bertempat di aula kantor Kecamatan Paringin, beberapa waktu lalu.

Pertemuan yang dimanfaatkan sebagai sarana silaturrahmi dan juga sharing persoalan desa kepada pihak pemerintah tersebut, langsung dihadiri oleh Bupati Balangan H Ansharuddin, serta pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) serta pejabat lainnya.

Menurut Ketua Forum Komunikasi Perkades Kabupaten Balangan, Yuliadi mengungkapkan,ada enam aspirasi yang pihaknya sampaikan kepada pemerintah daerah terkait jalannya pemerintahan desa.

Dirinya merinci ke enam aspirasi tersebut, pertama, pihak desa meminta kejelasan terkait status sekretaris desa (sekdes) dimana saat ini beberapa sekdes ada yang PNS ada juga yang non PNS , kedua terkait tali asih bagi kades yang sudah purnatugas alias sudah tak menjabat lagi, ketiga kejelasan status tanah Jalan Usaha Tani (JUT) yang sebelumnya dibangun oleh PU Kabupaten, keempat kejelasan terkait kendaraan dinas yang diberikan oleh Pemda, apakah bisa dihibahkan ke desa agar lebih mudah perawatannya, kelima meminta tunjangan kades serta aparat desa mengingat tugas sebagai kepala desa serta aparatnya semakin berat terakhi, meminta kejelasan jokdes tata cara pemilihan desa untuk tahun 2018.

“Apa yamh kami sampaikan ini, tidak lain guna mempermudah pelaksanaan pemerintahan desa serta merupakan aspirasi dari kawan-kawan perkades,’’ bebernya.

Menurut Bupati Balangan H Ansharuddin, tidak semua aspirasi langsung dipenuhi ada beberapa aspirasi yang sifatnya dipelajari atau ditelaah dulu berkaitan dengan regulasinya misalnya terkait permintaan tali asih.

Kemudian terkait penyamarataan status sekdes aspirasi ini langsung akan dilaksanakan, paling lambat Januari 2018 sudah akan ditarik semua sekdes yang berstatus PNS.

“Nanti bagi desa yang sekdes PNS nya akan ditarik, silahkan angkat sekdes yang baru sesuai dengan aturannya,” pungkasnya. (Metro7)