Tekan Penyakit Kanker YKKI Gelar Penyuluhan Masal

0
36

METRO7.CO.ID, Tanjung – Yayasan Kesehatan Kanker Indonesia (YKKI), mengelar penyuluhan kanker, di Gedung Sarabakawa Tanjung, Senin (8/1/2018)

Penyuluhan yang diikuti oleh puluhan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Tabalong tersebut, dipaparkan berbagai materi edukasi terkait bahaya penyakit kanker serta cara mencegah penyakit tersebut.

Perwakilan dari YKKI, Putra mengatakan, bahwa sebelumnya penyuluhan kanker yang dilakukan oleh YKKI ini dilakukan di berbagai pulau yang ada di Indonesia seperti Sulawesi, Papua, serta Jawa.

“Saat ini, presentase jumlah penderita kanker yang ada di Indonesia terus bertambah. Oleh karena itulah, kami mengelar sosialisasi ini dengan tujuan membumi hanguskan kanker,” katanya.

Dalam paparannya, Putra selaku pembicara menjelaskan, bahwa penyakit kanker bisa muncul akibat dari gaya hidup dan pola makan sehari-hari yang tidak sehat.

Menurutnya, banyak masyarakat saat ini termasuk para ASN yang kurang memperhatikan asupan gizi yang dikonsumsi setiap harinya.

“Selain faktor genetik, kanker juga bisa datang dari zat carsinogen atau pengawet yang ada di makanan atau minuman, serta cara penyajian makanan,” bebernya.

Dirinya mencontohkan, salah satu prilaku dalam buruk dalam pembuatan makanan ialah penggunaan minyak goreng yang berulang-ulang padahal batasnya hanya tiga kali pemakaian.

Dirinya juga menjelaskan, berbagai jenis kanker yang sering dialamai oleh masyarakat seperti kanker prostat, kanker serviks dan kanker Payudara.

Pada akhir kesempatan, Ia bersama perwakilan dari YKKI mengajarkan sekaligus mempraktekan cara pemeriksaan SADARI (Periksa Payudara Sendiri) kepada ASN Kabupaten Tabalong.

Selain itu, pihaknya juga memberikan cara untuk mencegah tumbuhnya gejala kanker di tubuh, seperti mengkonsumsi makan yang berserat tinggi, menghindari makanan yang berlemak tinggi serta melakukan pola makan yang sehat dan teratur.

“Perilaku hidup sehat adalah kunci mencegah kanker termasuk berolahraga secara rutin,” pungkasnya. (Metro7/MC Tabalong/Gilang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here