METRO7.CO.ID, Tanjung – Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani secara langsung melakukan pelepasan dan penyambutan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sekolah Tinggi Ilmu Al Qur’an (STIQ) Rakha Amuntai di Kantor Kecamatan Pugaan, Selasa (16/1/2018).

Sebanyak 88 orang mahasiswa yang terdiri dari 61 mahasiswi dan 27 mahasiswa ini, akan melaksanakan KKN di tujuh Desa yang ada di Kecamatan Pugaan dengan waktu selama dua bulan dari tanggal 16 Januari – 16 Maret.

Dalam sambutanya, Bupati Tabalong menyampaikan sedikit tentang sejarah Hulu Sungai Utar dengan Tabalong karena diantara mahasiswa STIQ, hal ini dikarenakan mahasiswa yang ikut KNN tersebut, bukan hanya berasal dari Kalimantan Selatan tetapi juga ada dari Kalimantan Timur, Kalimantan Barat dan Pulau Jawa.

Salah satu bentuk hubungan erat antar dua Kabupaten ini, menurut Bupati, salah satunya tiap kali mahasiswa yang kampusnya berada HSU akan melakukan KKN maka Tabalong selalu dengan tangan terbuka untuk menyetujuinya.

“Kami di Tabalong nantinya juga akan membangun pesantren Al Qur’an dikarenakan banyaknya setiap tahun santri yang diwisudakan, ini sesuai dengan visi misi Kabupaten Tabalong yang agamis,” ungkapnya.

Sedangkan, Ketua Badan Pelaksanan KKN STIQ Amuntai Ardiansyah menjelaskan, program KKN STIQ Amuntai ini diantaranya dibidang keagamaan seperti mengajar di TPA, aktif kegiatan di Mesjid/Moshola, dan membantu administrasi di pemerintahan Desa.

“Kita berharap dengan adanya KKN ini mahasiswa mempunyai pengalaman banyak berbaur dengan masyarakat,”jelasnya.

Mahasiswa Mahasiswa STIQ Asfian Nur mengatakan, kesiapan dalam KKN di Kecamatan Pugaan dan sudah menyiapkan beberapa program acara.

“Kami juga berharap nantinya bisa berjalan dengan lancar, dan berharap untuk kedepanya mahasiswa terutama KKN agar ketika dimasyarakat tau tujuan untuk belajar sehinga bisa belajar budaya masyarakat setempat,”ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani juga memberikan secara langsung bantuan kepada mahasiswa KKN yang ditempatkan di tujuh Desa di Kecamatan Pugaan tersebut, sebagai modal awal untuk kegiatan KKN di masing-masing Desa. (Metro7/MC Tabalong/Mona)