METRO7.CO.ID, Paringin – Untuk meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakatnya, Tahun 2018 ini Pemerintah Daerah Kabupaten Balangan akan membangun 1 Puskesmas, 2 Poskesdes dan merehab 2 Puskesmas, 1 Puskesdes.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan melalui Sekretaris Dinas Hajjah Norhasnani mengungkapkan, bahwa saat ini kondisi di beberapa Puskesmas tersebut memang butuh perhatian, karena mengingat jumlah ruangan yang ada saat ini tidak mencukupi, ditambah pula dengan rencana peningkatan status Puskesmas dari rawat jalan menuju rawat inap.

“Kondisi seperti ini menyebabkan, kenyamanan dalam memberikan pelayanan pun masih dinilai kurang,” terangnya.

Ditambahkannya, untuk memberikan peningkatan terhadap pelayanan di tingkat Puskesmas dan jaringannya, Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan telah menganggarkan dana sekitar Rp3,7 miliar lebih di tahun ini untuk pembangunan dan rehab.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan, Muhammad Noor menambahkan, untuk tahun 2018 ini pembangunan gedung di antaranya adalah pembangunan Puskesmas Perawatan Tanah Habang, Pembangunan Poskesdes Suryatama dan Sungsum.

Sedangkan untuk rehab bangunan akan dilakukan pada Poskesdes Batu Merah. Selanjutnya, dengan menggunakan dana DAK akan direhab pula Puskesmas Uren dan Puskesmas Tebing Tinggi.

“Selain itu, tahun ini juga dilakukan pengadaan mobil Pusling sebanyak 2 unit untuk Puskesmas Lokbatu dan Uren. Di Puskesmas Halong, Lokbatu, Lampihong, dan Awayan akan dibangun pula Instalasi Pengolahan Air Limbah atau IPAL,” pungkasnya. (Metro7)