METRO7.CO.ID, Paringin – Meski di beberapa tempat harga beras mengalami kenaikan, namun untuk Kabupaten Balangan hingga saat harganya masih normal dan stoknya pun dibilang masih amann.

Kepala dinas perdagangan Kabupaten Balangan, Zainal A menyampaikan, jika dari pantauan pihaknya saat ii harga beras tidak mengalami kenaikan khususnya beras local jenis siam.

Pantauan harga beras dan bahan pokok lainnya, kata Zainal, pihaknya lakukan secara berkala hampir tiap minggu dengan mendata ke pasar- pasar secara langsung.

“ Untuk beras memang harga masih normal sama seperti sebelumnya, tapi untuk jenis non local (beras jawa) ada kenaikan sedikit, tapi masih wajar,’’ bebernya.

Untuk antisipasi kenaikan harga, menurut Zainal, pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan Bulog akan mengelar operasi pasar, jika kenaikan terjadi secara tidak wajar lagi.

“Kita dengan Bulog siap melaksanakan operasi pasar jika beras atau bahan pokok lainnya mengalami kenaikan nantinya,’’ bebernya.

Terpisah Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Balangan, Rahmadi mengungkapkan, jika stok pangan atau beras untuk Balangan masih aman.

“Ketersediaan beras untuk Balangan masih aman, kita masih punya cadangan beras, untuk tahun kemarin ada stok 9 Ton dan tahun ini dapat lagi 15 Ton,’’ ujar Rahmadi, Rabu (24/1) kemarin.

Untuk Beras yang 15 ton ini, kata Rahmadi, di titipkan di Bulog Barabai, sedangkan yang 9 Ton lagi di titipkan di penggilingan padi yang tersebar di 6 titik di wilayah Balangan.

“Jadi secara garis besar stok beras kita aman, apalagi padi para petani hingga kini masih banyak meskipun sudah memasuki musim tanam,’’ bebernya.

Untuk itu, dirinya menghimbau, agar masyarakat tidak kawatir terkait ada kemungkinan kenaikan harga beras.

Dilain pihak, salah satu pedagang beras di Paringin Umar Hadi mengakui,untuk harga beras saat ini memang mengalami kenaikan, tapi tidak banyak naiknya.

Kenaikan ini,menurutnya, salah satu penyebabnya adalah saat ini di Balangan tidak ada lagi petani yang panen, sehingga tidak ada stok tambahan.

“Akan tetapi stok beras untuk di Balangan tidak ada masalah, karena petani masih menyimpan hasil panennya sehingga tidak kekurangan beras. Di tempat saya ada stok beras sekitar 30 Ton, saya menjual beras sekaligus juga membagikan kepada pedagang beras di pasar paringin, kios-kios kecilnya,’’ pungkasnya. (Metro7)