METRO7.CO.ID, Tanjung – Musibah longsor kembali menimpa Kabupaten Tabalong, kali ini musibah gara-gara gejala alam ini terjadi Desa Purui RT 04 Kecamatan Jaro, Jumat (26/1/2018).

Kajadian tanah longsongsor akibat hujan deras ini, membuat rumah milik Jamain (36 tahun) luluh lantak karena terjun bebas ke arah sungai dan hanya menyisakan sedikit teras depan rumahnya saja.

“Ulun tabangun mandangar suara garuguman, lalu abah nyuruh kaluaran,” ujar Ahmad alias Amat (10 tahun) anak kedua Jamain.

Menurut Jamain, musibah yang menghancurkan rumah miliknya ini terjadi sekitar pukul 04.00 Wita subuh.

“Saat itu harinya hujan saya mendengar ada suara seperti bangunan rubuh ternyata dapur saya masuk kesungai, maka saya bangunkan anak istri saya untuk menyalamatkan diri saya bilang jangan pikirkan harta yang penting jiwa selamat,” ungkapnya.

Saat ini, lanjut Jamain, dirinya bersama keluarganya memutuskan mengungsi sementara ke rumah kerabat terdekatnya sambil mengumpulkan sisa bangunan untuk di bangun kembali.

Terpisah, kepala seksi bidang logistik BNPB Kabupaten Tabalong Zakaria mengatakan, pihaknya sudah memberikan bantuan sandang pangan dan keperluan sekolah sembako dan kebutuhan lainya bagi korban tanah longsor ini.

“Kita juga mengingatkan warga agar terus waspada ketika hujan turun, terutama bagi warga yang tinggal di pinggir sungai yang mempunyai tebing tinggi,” pungkasnya. (Metro7/Reza)