Wabup Minta Optimalisasi Pertanian Terus Ditingkatkan

0
77

METRO7.CO.ID, Paringin – Wakil Bupati Balangan H Syaifullah secara langsung menghadiri panen raya padi unggul musim tanam 2017/2018, Kamis (8/2/2018)
Kegiatan yang berlangsung di hamparan sawah Desa Baruh Panyambaran Kecamatan Halong ini, juga turut dihadiri Dandim 1001 Amuntai – Balangan Letkol CPN Sundoro Agung Nugroho, Kejari Balangan Tomy Krismianto, Kepala Dinas Pertanian Balangan Ir Tuhalus serta pejabat dan undangan lainnya.
Dalam sambutannya, Wabup H Syaifullah menyampaikan, jika hingga kini Balangan memiliki persediaan cadangan beras cukup untuk enam bulan kedepan.
Apalagi kata Syaifullah, dengan panen raya ini maka cadangan beras di Balangan akan bertambah.
Terlepas dari itu, Wabup Syaifullah berharap, para petani bisa melakukan pengoptimalan lahan pertanian, baik itu melalui program tanam dua kali khusus areal persawahan maupun pembukaan lahan baru untuk pertanian.

“Lahan-lahan yang masih potensial agar dimanfaatkan untuk mendukung program tanam dua kali, baik tanaman padi, kedelai ataupun jagung dalam rangka memenuhi target yang diberikan kepada kabupaten untuk mendukung swasembada pangan nasional,” ujar.
Selain itu, dirinya juga berharap pembangunan pertanian tanaman pangan akan tumbuh dengan baik demi terciptanya kawasan agro wisata berbasis pertanian yang menghijau dan sedap dipandang mata.

“Saya berharapkan, dengan panen raya ini bisa menjadi embrio dan percontohan serta pusat pengembangan pertanian ke depannya,” jelasnya.
Pemkab Balangan sendiri, lanjut Syaiullah, terus memajukan dunia Pertanian lewat berbagai kebijakan dan dukungan anggaran, termasuk di antaranya adalah beberapa program bantuan, diarahkan untuk memberdayakan petani serta membawanya pada pengembangan usaha.
“Program pertanian di kabupaten balangan menekankan aspek peningkatan produksi, peningkatan pendapatan petani, serta kesejahteraan masyarakat,” tegasnya.
Kepala dinas pertanian Balangan, Ir Tuhalus mengtaakan, ada sekitar 60 hektar sawah di Kecamatan Halong sudah siap panen.
“Khusus Kecamatan Halong ini ada sekitar 450 Ha sawah yang mengunakan bibit unggul yang terdiri dari 18 kelompok tani, kita perkirakan hasil panen gabah kering panen 8,65 ton /Ha atau hasil panen gabah kering giling sekitar 7,18 ton/Ha,” pungkasnya. (Metro7)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here