METRO7.CO.ID, Paringin – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Balangan menggelar pelatihan jurnalistik bagi p siswa/siswi SMKN 1 Batumandi, Selasa (20/2). Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini (terakhir kemarim red) bertempat di aula SMKN 1 Batumandi dan diikuti 20 peserta dengan mendatangkan narasumber/instruktur dari anggota PWI Tabalong-Balangan yakni, Wahyudi wartawan Radar Banjarmasin dan Sugianoor wartawan Mata Banua yang tugas di Balangan.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Saluran Komunikasi Publik, Enggo Widodo mengungkapkan, tujuan pelatihan ini adalah sebagai wadah bagi siswa untuk menyalurkan bakatnya di bidang menulis.

“Nantinya di akhir pelatihan kita akan adakan semacam evaluasi berupa praktik penulisan berita dan akan ada penghargaan untuk enam terbaik”, lanjutnya.

Enggo menambahkan, pascca pelatihan ini diharapkan akan muncul bibit-bibit jurnalis berbakat baru yang bisa menjadi kontributor berita untuk media online yang dikelola Diskominfo yaitu, balangankab.go.id dan jugainfopublik.id milik Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

“Kami juga sudah menyiapkan reward untuk setiap kontributor yang tulisannya terbit di dua media online tersebut”, tandasnya.

Pelatihan serupa ini, lanjut dia, akan kembali dilaksanakan dibeberapa sekolah SMA sedarajat yang ada di Bumi Sanggam.

“Kita rencanakan pelatihan ini akan digelar di enam sekolah SMA sedarajat yang ada di Balangan dan dikhususkan sekolah yang masih belum pernah melakukan pelatihan jurnalistik,’’ ungkapnya.

Sementara itu Kepala SMA 1 Paringin Agus Ratmono, menyambut baik kegiatan pelatihan ini. Hal itu tidak terlepas dari antusiasme siswa siswi yang ingin mengikuti kegiatan pelatihan tersebut, dan berencana setelah pelatihan ini akan mengadakan kegiatan ekstra kurikuler jurnalistik.

“Semoga siswa siswi yang mengikuti pelatihan hari ini bisa maksimal menyerap ilmu yang diberikan dan bisa mempraktekkannya dengan membuat tulisan yang dimuat di media”, harapnya. (Metro7)