METRO7 CO.ID, Amuntai – Bupati HSU H Abdul Wahid HK memberikan bonus kepada SMA Negeri 1 Paminggir dan SMA Negeri 2 Amuntai masing-masing sebesar Rp 20 juta, atas raihan penghargaan Adiwiyata dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Penyerahan bonus tersebut, bertepatan hari peringatan hari peduli sampah nasional tahun 2018, di halaman kantor Pemkab HSU, Senin (26/2/18).

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Wahid menyampaikan, jangan sampai ada bencana yang disebabkan oleh sampah.

Oleh karena itu, kata Wahid, sangat penting bagi semua pihak untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pengelolaan sampah yang dimulai dari lingkungan rumah.

“Peran aktif masyarakat mampu mereduksi dan mendaur ulang sampah kembali menjadi sesuatu yang manfaat, maka volume sampah akan menurun,” katanya

Selain itu, untuk dalam rangka mendukung gerakan nasional Tiga Bulan Bersih Sampah (TBBS) mulai 21 Januari hingga 21 April 2018 sebagai peringatan hari peduli sampah nasional mendatang, Ketua Golkar HSU ini memerintahkan kepada lembaga pemerintah, kepala dinas agar melakukan gerakan kerja bakti gotong royong satu kali dalam seminggu

“Demi mewujudkan kabupaten HSU bersih dan sehat. Kami himbau dan mengajak masyarakat membudayakan hidup bersih dan sehat dilingkungan masing-masing,” pintanya.

Sementara itu, ia menyampaikan selamat kepada SMA Paminggir dan SMA Negeri 2 Amuntai atas keberhasilan dalam meraih penghargaan ini. “Kami berharap prestasi tingkat nasional ini dapat mendorong kita semua, khususnya sekolah sebagai HSU agar lebih peduli dan berbudaya lingkungan,” harapnya (Metro7/Yusuf)