METRO7.CO.ID, Paringin – Demi menarik dan meningkatkan minat wisatawan datang, Dinas Pariwisata Kabupaten Balangan akan lakukan pembenahan fasilitas di kawasan objek wisata hingga Tahun 2018.

Pembenahan atau pembuatan fasilitas penunjang objek wisata ini, akan dilakukan di beberapa objek wisata sekaligus khususnya di kawasan objek wisata strategis.

“Kita akan berusaha memenuhi fasilitas dasar untuk beberapa objek wisata tahun ini, untuk itu tahun ini kita telah menyediakan dana sekitar Rp500 juta untuk pembangunan fasilitas tersebut,’’ ujar Kepala Dinas Pariwisata Balangan Rody Rahmadi Noor.

Menurut dia, prasarana yang terus dibenahi merupakan fasilitas dasar yang ada dikawasan objek wisata diantaranya WC, tempat ganti, papan informasi dan tempat istirahat.

Untuk penambahan fasilitas sendiri, lanjut dia, akan dilakukan di beberapa objek wisata seperti, pembuatan jembatan gantung dan WC di gua Sumsum/Gunung Batu, pembuatan WC dan kamar mandi di air terjun Tayak, tempat istirahat di pos satu pendakian Gunung Hauk, pembuatan titian dan pembersihan danau baruh bahinu.

Selain itu, menurut dia, di Makam Datu Kandang Haji dan Desa Wisata Kapul juga akan dilakukan beberpa pembenahan fasilitas guna mendukung keberadaan kawasan tersebut sebagai objek wisata.

Lebih jauh dirinya mengungkapkan, selain melakukan pembenahan terhadap prasarana, pihaknya menurut Rody, juga akan mempersiapkan item pendukung lainnya guna untuk meningkatkan kualitas objek wisata agar bisa mendatangkan kunjungan wisatawan pada objek wisata yang ada di Kabupaten Balangan.

“Seperti yang kita lihat di tempat-tempat wisata daerah lain banyak terdapat item item yang menjadi pendukung,” ucapnya.

Ini dikatakannya selain untuk meningkatkan peminat wisatawan, juga dilakukan agar objek wisata yang ada di Bumi Sanggam ini kedepannya bisa menjadi objek wisata terbaik.

Dan untuk masyarakat setempat, dirinya berharap, hendaknya ikut serta menjaga kelestarian di kawasan objek wisata serta menjaga suasana yang aman dan nyaman selain itu juga harus menjaga keramah tamahan , karena semua itu sangat menentukan kemajuan pariwisata suatu daerah

“Untuk itu, kedepannya mari kita fokuskan untuk terus membangun dan mengembangkan objek wisata di Kabupaten kita Ini,’’ pungkasnya. (Metro7)