METRO7.CO.ID, Tanjung – Informasi atau kabar bohong (hoax) yang menyesatkan kini marak dan mudah diterima oleh masyarakat. Kondisi ini, turut menjadi perhatian oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Selatan.

Guna menekan dan memerangi hoax ini, PWI Kalsel melakukan road show ke daerah-daerah tak terkecuali Kabupaten Tabalong, juga turut disambingi organisasi profesi wartawan ini untuk mengkampanyekan agar tidak terpengaruh isu provokatif berita hoax.

Kedatangan jajaran PWI Kalsel didampingi oleh PWI Tabalong – Balangan Sabirin HA Syukran Nafis melakukan silaturrahmi dan sekaligus meminta dukungan dengan PLT Bupati Tabalong, H Zony Alfianoor serta pejabat lainnya agar bersama-sama memerangi berita hoax, Senin (9/4/2018) di ruang kerja PLT Bupati Tabalong Zony Alfianoor.

“Kami dari PWI meminta dukungan dari jajaran Pemkab Tabalong, sebab hoax hanya akan meruntuhkan semangat persatuan bangsa. Mari kita sama-sama memerangi berita hoax,” ujar Ketua PWI Kalsel, Zainal Helmie saat dihadapan Plt Bupati Tabalong Zony Alfianoor.

Selain meminta dukungan, Helmie yang menjabat Sekjen PWI Kalsel diperiode sebelumnya ini, juga mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemkab Tabalong terkait suksesnya gelaran konferensi serta Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang pertama kali digelar oleh PWI Tabalong – Balangan di Kabupaten Tabalong beberapa waktu lalu.

Selain itu, Dia juga menjamin, semua wartawan Tabalong yang berasal dari organisasi PWI terlebih yang sudah lulus UKW bisa menjalankan tugasnya dalam memberikan informasi kepada masyarakat, khususnya dalam memerangi informasi hoax.

“Pastinya kami dari PWI bersama para wartawan terlebih adanya dukungan dari Pemkab Tabalong akan komintmen memerangi informasi hoax yang menyesatkan,” katanya lagi.

Sementara Plt Bupati Tabalong, H Zony Alfianoor, juga turut mengucapkan terima kasihnya atas dukungan PWI serta para wartawan dengan pemberitaan yang membangun maupun kritikan membangun terkait pembangunan di Bumi Sarabakawa.

“Kami akan berkomitmen akan meneruskan kerjasama menjalin hubungan yang harmonis dengan jajaran pers di Kalimantan Selatan seperti yang sudah dilakukan oleh Bupati terdahulu, dan tradisi ini akan terus kita lakukan dan tingkatkan,” papar Zony.

Berkaitan dengan berita bohong atau hoax lanjutnya, sebenarnya sudah menjadi salah satu tugas pemerintah untuk ikut serta memberantasnya. Pemerintah daerah Tabalong bersama-sama dengan Kapolres Tabalong, Dandim 1008 Tanjung, Ketua Pengadilan dan Kepala Kejaksaan akan membuat komitmen bersama memberantas berita hoax ini.

“Memerangi hoax memang sudah tugas kita bersama. Maka itu kami dari Pemkab Tabalong sangat mendukung apa yang menjadi keinginan PWI Kalsel yaitu, memerangi hoax,” pungkasnya. (Metro7/via)