METRO7.CO.ID, Banjarbaru – Pemerintah Kabupaten Tabalong kembali mendapatkan predikat Juara 1 pada Penghargaan Pembangunan Daerah Tingkat Kabupaten Se Kalimantan Selatan Tahun 2018, yang mana sebelumnya Kabupaten Tabalong 2 tahun berturut – turut menerima penghargaan ini dengan nama penghargaan Pangripta, yang focus untuk menilai perencanaan pembangunan daerah di Kabupaten/Kota se Kalimantan Selatan.

Penyerahan penghargaan langsung diberikan Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor kepada Plt Bupati Tabalong H Zony Alfianoor pada pembukaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2018, Selasa (10/4/2018) di Gedung Idham Chalid komplek perkantoran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarbaru.

Plt Bupati Tabalong, H Zony Alfianoor menuturkan, keunggulan Pemerintah Kabupaten Tabalong dalam menyusun perencanaan pembangunan adalah system perencanaan pembangunan yang dimulai dari musyawarah pembangunan tingkat desa (Musrenbangdes) sebelum akhirnya menjadi Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) atau yang dikenal dengan istilah Bottom Up,”tentu ini (perencanaan pembangunan) juga sesuai dengan implementasinya pada masyarakat,” terang H Zony.

Meniliki diperolehnya penghargaan ini juga, H Zony mengapresiasi kerja keras dan kerjasama yang sudah ditunjukan oleh SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tabalong dalam penyusunan perencanaan pembangunan setiap tahunnya.

“Ini merupakan hasil kerja keras semua SKPD yang ada di Tabalong, jadi saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi – tingginya”, ungkap H Zony.

Pada kesempatan Musyawarah Pembangunan Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2019 yang mengambil tema pembangunan, Bergerak Menuju Pertumbuhan Ekonomi yang Merata Untuk Kalsel Mapan ini dipaparkan program – program prioritas pembangunan kalsel di Tahun 2019 yang dimulai dari Peningkatan Kualitas SDM Kalsel hingga Persiapan Kalsel sebagai Tuan Rumah PON 2024.

Disinggung mengenai hasil pemaparan Musrenbang Provinsi Kalsel tahun 2019, Plt Bupati Tabalong menuturkan Perencanaan Pembangunan di Kabupaten Tabalong selalu disusun dengan mengedepankan sinkronisasi dengan program – program perencanaan di tingkat Provinsi hingga perencanaan pembangunan Nasional.

“Agar semua selaras, demi kesejahteraan masyarakat” tutur Plt Bupati Tabalong.

Sementara itu Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor pada sambutannya mengharapkan pembangunan di Kalimantan Selatan harus mampu berkontribusi pada pembangunan Nasional.

Gubernur yang identik dengan jargon Bergerak tersebut juga tidak lupa mengucapkan selamat atas diterimanya penghargaan Pembangunan Daerah Tingkat Kabupaten Se Kalimantan Selatan Tahun 2018 kepada Kabupaten Tabalong sebagai Juara 1 disusul Kabupaten Tanah Laut dan Tanah Bumbu.

“Kabupaten penerima penghargaan ini harus mampu menjadi kebanggaan tidak hanya bagi daerahnya tapi juga bagi masyarakat Kalimantan Selatan pada umumnya,” tutup Gubernur Sahbirin Noor. (Relis)