METRO7.CO.ID, Tanjung – Sebagai wujud rasa syukur atas melimpahnya hasil panen padi untuk pertama kalinya kelompok rukun tani sentosa warga Desa Masingai II mengelar Wiwitan yang dihadiri langsung oleh Plt Bupati Tabalong H Zony Alfianoor dengan secara khusus juga Plt Bupati Tabalong beserta pejabat SKPD memakai pakaian blankon khas jawa, Selasa (17/4/2018).

Dalam acara wiwitan dihadiri oleh Plt Bupati Tabalong H Zony Alfianoor, Kepala Dinas Pertanian H Johan Efendi, Ketua DPRD H Darwin Awi, dan sejumlah pejabat SKPD yang ada di Kabupaten Tabalong.

Kegiatan wiwitan adalah ritual persembahan tradisional masyarakat jawa sebelum panen padi, dilakukan sebagai wujud terima kasih dan rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa, disebut wiwitan karena arti wiwit adalah ‘mulai’, memotong padi.

Sebelum acara panen padi dilakukan dilakukan acara selamatan dengan sejumlah jenis makanan dan doa yang dibacakan dengan bahasa jawa.

Plt Bupati Tabalong H Zony Alfianoor mengungkapkan rasa syukurnya atas dilaksanakanya kegiatan wiwitan di Desa Masingai II, “Pemerintah Kabupaten Tabalong sangat mengapresiasi kegiatan ini sebagai warna dan aset kebudayan daerah yang sebenarya dari Daerah Jawa tapi sudah membumi di Bumi Sarabakawa.”ucapnya.

Saat ini kelompok tani rukun sentosa melakukan tanam padi dua kali dalam setahun dengan luas lahan 26,4 hektare dengan jenis padi impari 30, impari 8 dan untuk hasil panen sebelumnya mencapai 6,4 ton gabah kering. (Metro7/MC Tabalong/Mona)