METRO7. CO. ID, Tabalong – Forum lalu lintas angkutan jalan(LLAJ) yang digelar oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Tabalong melalui rapat kali ini banyak membahas terkait kegiatan Road Safety Partnership Action(RSPA) bertempat di Aula Dinas Perhubungan ,Rabu (25/4/2018).

RSPA sendiri merupakan program road safety yang menjadi isu global dalam keselamatan berlalu lintas.

Dimana WHO mencanangkan program dekade aksi keselamatan melalui global road safety dalam rangka meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas.

Kepala Dinas Perhubungan, H Imam Fachrullazi mengatakan, keterkaitan Dinas perhubungan sendiri dalam RSPA ini menyakut perlengkapan keselamatan jalan, terdiri dari rambu, Traffic Light ,zebra cross , marka dan rambu rambu lalu lintas.

“Selain dukungan melalui peralatan tersebut yang kita harapkan dari penyelenggaraan RSPA ini adalah bahwa Tabalong menginginkan adanya semacam zero accident atau tidak ada terjadi kecelakaan lalu lintas, baik bersifat pelanggaran lalu lintas maupun pelanggaraan yang bersifat kecelakaan,” katanya.

Ditambahkannya, Kanit Dikyasa Sat lantas Aipda Hendri Susanto,menjelaskan adanya Forum lalu lintas angkutan jalan (LLAJ) ini sangat membantu dalam hal meningkatkan pelayanan kepada masyarakat .

“Dimana hal yang menjadi permasalahan khususnya bidang keamanan,keselamatan dan ketertiban serta kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas) yang nantinya dapat di selesaikan melalui forum ini,” ucap Hendri.

Dikatakannya, dengan cara menggandeng instansi terkait, seperti ,Dinas Perhubungan, Dinas PUPR ,Jasa Raharja, dan dinas terkait lainnya , “Nantinya mampu dan sama sama memperbaiki insfratruktur dalam kawasan tertib lalu lintas (KTL),agar di Tabalong sendiri bisa meningkat baik dari keselamatan berlalu lintas untuk masyarakat dan menurunnya fatalitas akibat korban laka lantas,” pungkasnya. (Metro7/MC Tabalong/Syahid).