Tabalong Terus Dukung Teknelogi Tepat Guna

0
110

METRO7. CO. ID, tanjung – Bertempat di Taman Giat Kota Tanjung, Kabupaten Tabalong, Senin (30/4) telah dilaksanakan kegiatan rutin Apel Gabungan. Namun pada apel tersebut diselipkan penyerahan pemenang lomba inovasi dan kreasi hasil pengolahan Teknologi Tepat Guna (TTG) desa dan kelurahan tingkat Kabupaten Tabalong Tahun 2018.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Tabalong, Arianto mengatakan, sebagai langkah mengantisipasi tantangan pada era globalisasi, masyarakat dituntut memiliki kemampuan agar mengikuti perkembangan teknologi yang ada untuk meningkatkan daya saing usaha hasil produknya guna peningkatan kesejahteraan.
Pemanfaatan TTG secara optimal akan dapat terwujud bila terjadi alih pengetahuan dan keterampilan dari sumber TTG kepada masyarakat pengguna.

Percepatan pelaksanaan pemberdayaan masyarakat melalui penerapan dan pengembangan TTG hanya akan terjadi bila didukung oleh adanya langkah sinergis yang dilakukan oleh para pelaku.

“Pelaku-pelaku yang dimaksud adalah masyarakat, lembaga swadaya masyarakat, pemerintah (pusat dan daerah),” bebernya.

Dalam upaya untuk meningkatkan akses masyarakat khususnya masyarakat perdesaan terhadap Teknologi Tepat Guna dan penemuan baru mengenai Teknologi Tepat Guna, maka diselenggarakan Lomba Kreasi dan Inovasi Teknologi Tepat Guna Tingkat Kabupaten Tabalong.
Tujuan Lomba Inovasi TTG salah satunya adalah memperkenalkan teknologi kepada masyarakat luas. Selanjutnya diharapkan dapat terwujudnya peningkatan, pengembangan, penerapan, dan pemasyarakatan Teknologi Tepat Guna Perdesaan.

Penyerahan hadiah itu dilakukan oleh Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Tabalong, H. Zulfan Noor. (Metri7/MC Tabalong/Erwin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here