METRO7. CO. ID, paringin – Menangapi beberapa rekomendasi DPRD Balangan terkait LKPJ anggaran 2017 yang disampaikan, dalam sambutannya Bupati Balangan H Ansharuddin meminta dukungan penuh kepada semua pihak khususnya DPRD Balangan untuk melaksanakan apa yang menjadi rekomendasi tersebut.

Dalam laporan keterangan LKPJ tersebut, menurut Bupati, dapat dilihat data-data dan gambaran kemajuan yang telah berhasil diwujudkan dalam tahun anggaran 2017.

Namun kata Bupati, pihaknya menyadari sepenuhnya, bahwa sangat jauh dari kepantasan untuk mengklaim keberhasilan tersebut sebagai hasil kerja dirinya atau jajaran pihaknya semata.

“Segala keberhasilan itu tidak akan menjadi kenyataan tanpa dukungan dari seluruh komponen yang ada di daerah kita, baik bagai tiap-tiap instansi yang diwakili, pihak swasta, segala bentuk organisasi kemasyarakatan, serta terutama masyarakat bumi sanggam. tentunya, tidak kalah pentingnya adalah dukungan, masukan dan kontrol dari pihak DPRD Balangan sebagai perpanjangan lidah rakyat,’’ bebernya saat siding paripurna DPRD Balangan beberapa waktu lalu.

Meski demian, lanjut dia, pihaknya juga mengakui, bahwa segala keberhasilan itu masih sangat terbatas dan masih harus terus ditingkatkan di tahun ini maupun di tahun-tahun mendatang. Untuk itu, dukungan dan kesediaan untuk bekerjasama agar ke depan dapat percepat lagi perwujudan balangan yang maju dan sejahtera dengan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi.

Terlepas dari itu, Bupati menilai, rekomendasi dari DPRD Balangan terkait laporan keterangan pertanggung-jawaban kepala daerah kabupaten balangan tahun anggaran 2017, merupakan masukan-masukan yang sangat berarti guna melakukan perbaikan kinerja serta peningkatan berbagai program pembangunan, seiring tugas dan tanggung jawab yang diamanahkan untuk melayani masyarakat, sesuai kapasitas masing-masing.

“Kita tentu melihat dan menyadari, bahwa perkembangan yang kita kejar dan jalani tidak selalu berjalan sesuai rencana. selalu saja ada sesuatu yang luput dari antisipasi kita. kita bisa menganggapnya kejutan, atau menerimanya sebagai dinamika hidup bermasyarakat. namun satu hal yang kita yakini, bahwa keberadaan suatu masalah, itu adalah karena telah ada jawabannya. ibaratnya, Tuhan menciptakan rasa haus itu setelah menciptakan benda bernama air. jadi, yang perlu kita lakukan adalah mencari jawaban tersebut,’’ ulasnya.

Oleh karena itu, menurut dia, sangat penting bagi semua untuk selalu berada dalam persepsi yang sama, baik persepsi terhadap berbagai tantangan dan persoalan, maupun persepsi terhadap berbagai kebijakan strategis yang kita sepakati, kemudian mengaplikasikannya secara nyata melalui berbagai program pembangunan yang kita laksanakan secara berkelanjutan, agar segala permasalahan yang menghadang dapat kita selesaikan.

“Ini mempertegas perlunya kebersamaan dan kerjasama dari kita semua dan seluruh elemen dalam masyarakat. untuk itu, melalui kesempatan yang baik ini, kami mengajak semua unsur untuk tetap bersatu padu, menyatukan persepsi, memadukan gerak langkah, untuk berbuat secara optimal, demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Balangan,’’ pungkasnya. (Metro7)