Hasil Survey LSI Kemenangan Anang-Mawardi Tidak Terbendung

0
283

Banjarmasin, METRO7.CO.ID — Berdasarkan hasil survey Citra Public Indonesia-Lingkaran Survey Indonesia (CPI-LSI), kemenangan pasangan Anang Syakhfiani-Mawardi (ANWAR) tidak terbendung lagi. Dan dapat dipastikan pasangan calon (Paslon) dengan nomor urut 3 ini bakal memenangkan Pemilihan Kepala Daerah(Pilkada-red) Tabalong tahun 2018.

Dalam pers reliese yang disampaikan Peneliti CPI-LSI Fitri Hari menyebutkan, pasangan paslon no 3 mengungguli tiga paslon lainnya, yakni pasangan Noorhasani-Eddyan Noor Idur, sedangkan posisi ketiga dan keempat ditempati pasangan Noorfarida-Aspianor dan Winarto-Ali Sibqi.

“Survey ini dilakukan melalui wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner dengan mengambil 440 responden. Responden dipilih secara acak. Metode yang digunakan adalah metode multistage random sampling dengan margin error -/+ 4,8%,” papar Fitri Hadi dalam pers reliese CPI-LSI yang melakukan survei pada tanggal 18-22 April 2018 lalu.

Tidak hanya itu, hal lainnya yang lebih unggul menurut hasil survey CPI-LSI mayoritas warga Tabalong menilai bahwa Drs H. Anang Syakhfiani. M.Si merupakan Calon Bupati yang berpengalaman, berwibawa, cerdas, dekat dgn rakyat, jujur dan bersih dari korupsi.

Sementara itu pada bagian lain dijelaskan, menjelang akhir masa jabatan pemerintahan H Anang Syakhfiani – H Zony Alfianoor, ditemukan bahwa mayoritas publik sebesar 60,9 persen, mengaku puas dengan kinerja Anang Syakhfiani sebagai Bupati Kabupaten Tabalong.

Dari hasil Survey tersebut, mayoritas publik Kabupaten Tabalong puas dengan kinerja Bupati Anang Syakhfiani, didukung dengan adanya indikator temuan, yakni publik menilai pemerintahan Kabupaten Tabalong saat ini berhasil dibawah kepimpinan petahana.

Dan sebanyak 62.5 persen mayoritas publik menyatakan bahwa pemerintahan daerah di bawah kepemimpinan petahana dinilai sangat berhasil/cukup berhasil.

Sementara Publik yang menyatakan pembangunan Kabupaten Tabalong kurang berhasil, hanya sebesar 30,5 persen, sisanya sebanyak 7,0 persen menyatakan tidak tahu/tidak jawab.

Tidak hanya itu, penilaian tingkat kepuasan tersebut diperkuat dengan adanya tingkat kepuasan per bidang. Dari lima bidang yang diteliti, rata-rata mayoritas publik puas dengan kinerja Anang Syakhfiani sebagai bupati, di antaranya bidang politik yang menyatakan puas sebanyak 56,4 persen.

Selanjutnya dibidang sosial dan ekonomi yang menyatakan puas secara berurutan 55,6 persen dan 47,8 persen. Sedangkan di bidang keamanan dan penegakan hukum angka tingkat kepuasannya secara berurutan mencapai 70,5 persen dan 60,1 persen.

Hasil survey juga menyebutkan, penilaian masyarakat atas kondisi Kabupaten Tabalong saat ini sejak kepemimpinan Anang Syakhfiani sebagai bupati lebih baik. Data menunjukan mayoritas sebanyak 55,2 persen menyatakan kondisi Kabupaten Tabalong lebih baik sejak dipimpin oleh Anang Syakhfiani.

Yang terpenting dari hasil survey CPI-LSI dengan mengukur tingkat elektabilitas pasangan calon bupati-wakil bupati Pilkada Tabalong 2018 bahwa paslon ANWAR mengungguli ketiga paslon lainnya dengan urutan ke dua paslon no satu Noorhasani-Eddyan Noor Idur, sedangkan posisi ketiga ditempati Noorfarida-Aspianor dan Winarto-Ali Sibqi berada pada urutan ke empat.

Melihat dari hasil survey tersebut sudah dapat dipastikan pasangan Anang-Mawardi akan memenangkan Pilkada Tabalong 2018 yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 Juni 2018 bulan depan. (Metro7/sari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here