Kelompok Tani Suka Maju Kembangkan Sayuran Organik

0
102

METRO7. CO. ID, Tanjung – Kelompok Tani Suka Maju Desa Kambitin bersama besama-sama dengan Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) mengadakan pesta panen sayuran organik diantaranya kangkung ,terong, tomat, bayam, kacang panjang dan ubi unggu di lahan seluas satu hektare, Sabtu (12/5/2018).

Acara ini dihadiri oleh Bidang Asisten Adminstrasi Umum H Nanang Mulkani, Plt Tim Penggerak PKK Kabupaten Tabalong Hj Noraina, Direktur YABN Okty Damayanti, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong H Zohan Effendi, Kamadjaya Logistics Frans l kansil Vice President of Corporate Affairs
PT Kamadjaja Logistics.

Pertanian organik adalah sistem budidaya pertanian yang mengandalkan bahan-bahan alami tanpa menggunakan bahan kimia sintetis, karena dari segi produksi pupuk organik lebih murah dari kimia sintetis.

Asisten Administrasi Umum H Nanang Mulkani membacakan sambutan Plt Bupati Tabalong mengatakan, terselenggaranya pesta panen sayuran organik menjadikan bukti sektor pertanian dan perkebunan di Tabalong semakin baik menuju optimalisasi yang berkualitas.

“Sebagaimana kita ketahui sebagian besar masyarakat Tabalong mata pencaharian dibidang pertanian dan perkebunan, Kerenan sektor ini memiliki potensi yang cukup besar sebagai sumber pendapatan masyarakat salah satunya dengan menanam sayuran organik,”jelasnya.

Direktur Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) mengatakan ingin mengubah pola pikir sejumlah petani sayuran untuk tidak mengunakan bahan kimia sintetis untuk bercocok tanam setiap harinya, salah satu petani yang saat ini di bina oleh YABN adalah petani suka maju Desa Kambitin yang mau merubah pola pikirnya dari sebelumnya mengunakan kimia sekarang beralih menjadi pupuk organik.

“Proses merubah pola pikir petani untuk mengunakan pupuk organik adalah tantangan besar buat kami karena halir semua petani sudah bisa menggunakan kimia sintetis, oleh karena itu YABN baru memcoba satu tempat yaitu Desa Kambitin yang dimulai dari Bulan Januari 2018″tuturnya

YABN berharap tidak hanya Kelompok Tani Suka Maju Desa Kambitin yang membudidayakan sayuran organik, tetapi petani-petani yang di Tabalong bisa membudidayakan sayuran organik tanpa mengunakan bahan kimia.

“Saat ini sayuran organik dipasarkan di Pasar Tabalong dengan harga yang terjangkau dan sudah memilik pelangan khususnya salah satu Hotel ternama di Tabalong.Kualitas sayuran organik sangat terjamin mulai dari nutrisi, lebih segar, keamanan pangan (bebas pestisida) dan daya tahan lebih lama,” pungkasnya. (Metro7/MC Tabalong)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here