METRO7. CO. ID, Paringin – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Balangan berencana akan mengoperasikan dua buah dari 12 Puskesmas yang ada di Bumi Sanggam dengan pelayanan rawat inap. Puskesmas rawat inap ini diharapkan dapat mempermudah pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang membutuhkan sebelum dirujuk ke rumah sakit.

“2019 nanti kita berencana akan kembangkan dua Puskesmas menjadi UGD seperti layanan rawat inap yang akan diberikan ini seperti perawatan pasien diare, panas, DBD tidak dengan komplikasi. Intinya pelayanan yang tidak terlalu parah,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Balangan Ahmad Nasa’I beberapa waktu lalu.

Adapun dua puskesmas yang akan disiapkan untuk menjadi rawat inap ini, adalah Puskesmas Lampihong dan Batumandi dengan tambahan dua Puskesmas ini maka ada tiga Puskesmas yang sudah menjadi rawat inap, sebelumnya Puskesmas Halong sudah. Nantinya, pengembangan puskesmas biasa menjadi puskesmas rawat inap ini akan diiringi dengan penambahan ruang inap. Setidaknya akan disediakan 10 sampai 20 bed untuk melayani pasien rawat inap.

“Yang pasti pelayanannya akan disamakan dengan pelayanan rumah sakit, baik itu tenaga medis, obat-obatan atau peralatan medis penunjang. Akan tetapi tidak untuk penyakit berat,” tuturnya Nasa’i.

Saat ini, Kata Nasa’i, sudah ada 12 Puskesmas, 21 Puskesmas Pembantu, 108 buah Posekesdes, 32 Polindes yang tersebar di Balangan yang menjadi tempat pelayanan kesehatan yang disediakan Pemkab Balangan bagi warga Balangan.

Selain itu, Orang nomor satu di Dinas Kesehatan Balangan ini menambahkan, pihaknya juga berencana akan melakukan rekrutmet tenaga apoteker bagi seluruh Puskesmas yang ada.

“Kita ingin menjamin pelayanan kesehatan tingkat Puskesmas berjalan maksimal dan baik. Salah satunya lewat adanya apoteker,” jelas dia.

Yang jelas, sambung dia, kedepan setiap Puskesmas di Balangan harus memiliki apoteker. Selain itu, untuk puskesmas lainnya juga, kedepan harus tetap melayani UGD selama 24 jam buka.

“Kedepan semua Puskesmas tetap melayani UGD meskipun di hari libur demi memberikan pelayanan yang baik terhadap masyarakat,” pungkasnya. (Metro7)