Kariwaya Balangan Meriahkan Festival Banjar 2018

0
130

METRO7. CO. ID, Paringin – Sanggar seni Kariwaya asal Kabupaten Balangan menjadi salah satu peserta yang akan mengisi rangkaian gelaran Festival Banjar 2018 yang aka digelar 29 Juni hingga 1 Juli 2018 mendatang di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta.

Festival Banjar ini sendiri, selain merupakan ajang silaturahim Warga Banjar se-Dunia juga akan menyajikan beragam kegiatan. Mulai dari gathering, seni pertunjukan, galang dana program, hingga Banjaresse Kuliner Fest.

Selain itu, fetival terbesar warga Banjar ini juga akan dibagi dengan sub event dengan venue berbeda dimana festival ini ditandai oleh expo. Digelar 29 Juni sampai 1 Juli, Expo Potensi Kalsel (Kalimantan Selatan) akan digulirkan di Taman Ismail Marzuki (TIM). Setiap hari, Expo Potensi Kalsel buka mulai pukul 09.00-21.00 WIB. Dimana akan ada beragam keunikan yang ditampilkan.

Ketua Sanggar Kariwaya, Dari mengungkapkan, jika pihaknya merasa bangga karena akan menjadi salah satu peserta yang mengisinya gelaran Festival Banjar ini.

Kebanggaan ini, menurut dia, karena festival ini bukan hanya sekedar ajang silaturahmi namun juga memperkuat dan mempromosikan budaya Banjar sebagai identitas dari orang banjar itu sendiri.
Pihaknya sendiri, menurut Dari, dalam festival nanti akan menampilkan kesenian Mamanda yang merupakan salah satu kesenian teater khas Banua.

“Dalam Mamanda nanti kami akan mengangkat tema cerita tentang Sanja Kuning, dimana istilah Sanja Kuning ini sudah menjadi bagian dari mitologi dalam kehidupan orang Banjar sehari-hari,” bebernya.

Lebih jauh Dirinya berharap, dengan tampilan Kariwaya lewat kesenian Mamanda kali ini selain bisa lebih mengenalkan Mamanda sebagai kesekian Banjar juga mengenalkan Kabupaten Balangan sebagai salah satu daerah di Kalsel yang mempunyai sebidang potensi termasuk bidang seni budaya dan tradisi.

“Sekali lagi tentu kita bersyukur bisa tampil dalam kegiatan festival banjar ini, karena acara ini akan memperlihatkan keeksotisannya kehidupan orang Banjar yang dikemas dalam parade Budaya lewat konsep terbaik,” pungkasnya. (Mentro7)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here