Kasus Pilkada Tabalong Bukan Pelanggaran Hanya Ketidakpahaman KPPS

0
2051

METRO7.CO.ID, Tanjung – Sehubungan adanya laporan pasangan calon (Paslon) nomor urut 1 Norhasani – Eddyan Noor Idur ke Panwaslu Tabalong Kamis (28/6/2018) tentang terbukanya kotak suara di TPS 15 dan 22 kotak suara Kelurahan Belimbing Raya yang dilaporkan tanpa segel itu semakin jelas duduk permasalahannya.

Ternyata kasusnya tidak sedasyat seperti apa yang diberitakan beberapa hari ini dan semua itu murni ketidakpahaman dari petugas penyelenggara pemilu di TPS.

Menurut salah seorang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Murung Pudak Ahmad Rajuni menjelaskan, bahwa kejadian tersebut murni dikarenakan adanya ketidakpahaman oleh Anggota KPPS.

“Kejadian tersebut dikarenakan salah seorang anggota KPPS yang hendak mengeluarkan salinan formulir C1 KWK yang tidak sengaja dimasukkan ke dalam kotak suara,” jelasnya.

Berdasarkan prosedur lanjutnya dan sesuai peraturan KPU, salian formulir C1 KWK harus berada di luar kotak suara. Dan pada saat pembukaan kotak juga disaksikan oleh banyak saksi untuk menghindari adanya dugaan-dugaan negatif.

Sementara adanya gugatan 22 kotak suara yang salah dalam penempatan segelnya menurut Ahmad Rajuni semata-mata karena kurangnya pemahaman anggota KPPS terhadap prosedur penyegelan surat suara.

“Jika mengacu pada peraturan KPU No. 8 tahun 2018, hanya dijelaskan untuk menyegel kotak suara, disana tidak disebutkan tata cara penyegelan secara rinci mengenai tata letak penggunaan segel tersebut,” ujar Rajuni menjelaskan.

Namun tambahnya khusus untuk 22 TPS itu masih menunggu keputusan dari Panwaslu untuk melanjutkan perhitungan suara yang sekarang terhenti karena adanya proses dari laporan paslon nomor urut 1.

PEMUNGUTAN SUARA ULANG

Sementara itu Divisi Hukum dan Penindakan Panwaslu Tabalong Ardiansyah menjelaskan untuk TPS 15 Kelurahan Belimbing Raya direkomendasikan pemungutan suara ulang dan soal 21 kotak surat suara yang tak bersegel tetap akan tindaklanjuti.

Pemungutan suara ulang di TPS 15 dijadwalkan Minggu (1/7/2018) dan disana tercatat 464 pemilih yang masuk dalam DPT. (Metro7/ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here