Keaneka Ragaman Budaya Harus Dijaga

0
53

METRO7. CO.ID, Paringin – Keaneka ragaman adat budaya yang dimiliki Balangan merupakan sebuah kekayaan daerah yang tak ternilai harganya.

Untuk itulah, Bupati Balangan H Ansharuddin berharap, kekayaan budaya yang telah dijaga oleh para leluhur termasuk masyarakat adat untuk terus dijaga dan dilestarikan.

“Banua kita memiliki berbagai keaneka-ragaman, sama halnya struktur wilayah yang membentang dari dataran rendah hingga ke lereng pegunungan, demikian pula dalam hal adat istiadat, budaya, agama dan keyakinan, kita dianugerahi keaneka-ragaman yang semakin memperkaya daerah kita,” ujarnya Senin (2/7/2018).

Sebagai masyarakat, lanjut Anshar, kita harus benar-benar menyadari bahwa keaneka-ragaman dalam berbagai hal yang ada merupakan suatu kekayaan, sehingga harus dipelihara dan lestarikan.

“Tidak kalah penting, di antara berbagai unsur yang berbeda-beda itu harus selalu kita upayakan dan pelihara adanya keselarasan, sehingga semua dapat hidup berdampingan secara harmonis, yang mana situasi demikian merupakan pra-syarat bagi kita untuk dapat menjalani kehidupan sehari-hari dengan tenang, tentram, serta melaksanakan pembangunan menuju lebih maju tanpa meninggalkan adat dan budaya luhur,” pungkasnya. (Metro7)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here