Agustus – September Imunisasi Masal

0
57

METRO7. CO. ID, Paringin

– Semua anak di Kabupaten Balangan yang berusia antara 9 bulan sampai dengan < 15 tahun akan di Imunisasi MR (Measles rubella) pada bulan Agustus dan September 2018.
Plh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan Hajjah Norhasnani yang ditemui di halaman gedung DPRD Kabupaten Balangan usai menghadiri Rapat hari ini tadi, Senin (9/7/2018) mengungkapkan untuk bulan Agustus ini imunisasi diberikan di Sekolah dengan sasaran anak sekolah mulai dari PAUD sampai dengan SLP sederajat. Selanjutnya pada bulan September pemberian imunisasi di pos-pos imunisasi seperti Posyandu, Polindes, atau di fasilitas-fasilitas kesehatan pada anak-anak diluar sekolah.
“Untuk bulan Agustus ini target anak sekolah diperkiran sekitar 26836 orang, dan anak diluar sekolah diperkirakan sekitar 10679 anak,” ungkapnya.
Ditambahkannya, Imunisasi yang akan diberikan ini merupakan program Nasional tahap ke-2 untuk mengatasi penyakit campak dan rubella di Indonesia yang dapat menyebabkan anak mengalami kecacatan dan kematian akibat pneumoni, diare, kerusakan otak, ketulian, kebutaan dan penyakit jantung bawaan.
“Untuk tahap pertama sendiri telah dilaksanakan tahun lalu di Pulau Jawa. sedangkan pada tahap ke-2 ini pemberian dilaksanakan di seluruh Indonesia, kecuali jawa yang telah melaksanakan di tahap pertama,” ujarnya.
Lebih lanjut dijelaskannya, tujuan pelaksanaan Kampanye imunisasi MR ini adalah untuk mencapai eliminasi atau pembasmian penyakit campak dan pengendalian Rubella atau Congenital Rubella syndrom (CRS) tahun 2020. Selanjutnya, tujuan khusus dari kampanye ini adalah untuk meningkatkan kekebalan masyarakat terhadap campak dan rubella secara cepat, memutuskan transmisi dan menurunkan angka kesakitan campak dan rubella, serta menurunkan angka kejadian CRS.
“Pemberian imunisasi ini aman, dan dalam pemberiannya sendiri tanpa memandang status imunisasi. Artinya, meskipun imunisasinya telah lengkap, asal berusia antara 9 bulan sampai < 15 tahun tetap akan diberikan Imunisasi MR pada bulan tersebut,” tuturnya.
Sebelum mengakhiri pertemuan, Plh Kepala Dinas juga berpesan kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Balangan untuk memanfaatkan kesempatan ini sebagai bentuk kepedulian untuk melindungi anak cucu kita dari risiko penyakit yang sangat menular dan dapat menyebabkan cacat dan kematian yang pada akhirnya akan menjadikan Indonesia bebas penyakit Campak dan Rubella.
“Perlu diketahui, Vaksin MR inipun selanjutnya akan masuk kedalam jadwal imunisasi ritin dan booster menggantikan vaksin campak,” pungkasnya. (relis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here