METRO7. CO. ID, Tanjung — Untuk memacu Percepatan Akses Keuangan Daerah (PAKD), Pemkab Tabalong menyelenggarakan Rapat Koordinasi PADKD Tahun Anggaran 2018, sekaligus untuk melakukan Evaluasi Program Gerbang Emas dan Program Asuransi pertanian dan perkebunan, Kamis (12/7/2018).

Rakoor PAKD dengan melibatkan pihak Otoritas Jasa Keuangan (O J K) Regional Wilayah IX Kalimantan dan pihak Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) Banjarmasin ini digelar di aula Penghulu Rasyid Kantor Pemerintah Kabupaten Tabalong dan dihadiri langsung oleh Bupati Tabalong H Anang Syahfiani serta Deputy Direktur Pengawasan Perbankan OJK Regional Wilayah IX Kalimantan Muliadi.

Dalam sambutannya, Muliadi menyampaiakan, pihaknya menyambut baik programkan Gerbang Emas maupun program Asuransi Pertanian dan perkebunan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya yang kini tengah dijalankan oleh Pemkab Tabalong.

“Jika ada sektor ekonomi yang digeluti sebagian besar masyarakat, maka sektor itulah yang harus kita tuju karena ketika kita masuk disana sebagian besar rakyat yang kita pimpin akan merasa terlayani,” bebernya.

Sementara Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani dalam sambutan mengatakan, semua kredit yang diberikan untuk menunjang program Gerbang Emas bukan untuk UMKM sebetulnya, tetapi untuk mendukung usaha dibidang karet atau kelompok-kelompok petani karet.

Selain itu, enurut Anang, para kelompok petani karet ditahun 2019 mendatang akan diberikan permodalan untuk pembelian karet dari para petani, akan tetapi tidak dalam bentuk kredit atau tidak dalam bentuk pinjaman, tetapi dalam bentuk dana bergulir dengan Canelling BPR Atau Bank Kal Sel.

Sedangkan untuk eksekoturnya di lapangan, lanjut dia, bisa Tim Koordinasi atau Dinas Pertanian yang menjalankannya.

“Pengguliran dana akan dilakukan melalui pihak Perbankan dengan begitu diharapkan tahun 2020 mendatang usaha karet di Kabupaten Tabalong bisa semakin bagus, sejalan dengan telah dibangunnya gudang dan workshop untuk kelompok-kelompok petani karet,”pungkasnya. (Metro7/Via)