METRO7. CO.ID, PARINGIN – Wakil Bupati Balangan H Syaifullah secara khusus menghadiri dan membuka pertemuan lintas sector bidang kesehatan tingkat kecamatan Halong tahun 2018 UPT Puskesmas rawat inap Halong beberapa waktu lalu.

Kegiatan yang turut dihadiri oleh direktur RSUD Balangan dan asisten II Setdakab Balangan ini tidak lain adalah dalam rangka upaya meningkatkan pelayanan kesehatan di Kecamatan Halong dan mengevaluasi kegiatan pelayanan kesehatan yang sudah berjalan serta melakukan advokasi pada lintas sector bidang kesehatan.

Wakil Bupati Balangan H Syaifullah mengungkapkan, ada banyak hal yang dapat diperoleh dalam kegiatan ini untuk perbaikan pelayanan kesehatan.
“Pertemuan ini penting agar kita semua bias melihat sampai dimana sudah kualitas pelayanan kesehatan yang diterima masyarakat,’’ bebernya.

Pelayanan kesehatan, menurut Syaifullah, bukan hanya proses pengobatan yng diberikan kepada masyarakat saat berada di Puskesmas atau rumah sakit, namun jauh sebelu itu yakni, bagaimana cara pencegahan penyakit dan menerapkan pola hidup sehat bagi masyarakat.

Belum lagi, lanjut dia, jika menemukan kasus khusus kesehatan yang harus ditangani dengan baik dan secara bersama serta sejak dini.

“Kerjasma lintas sektor harus menjadi keutamaan, seperti dalam meningkatkan kepesertaan JKN dengan adanya pos yang mengumpulken secara kolektif kepesertaan BPJS atau misalnya disepakati sekiranya ada yang mau ikut BPJS bisa daftar dan bayar di Kecamatan di bidang pelayanan,’’ bebernya.

Semua kerjasama lintas sector ini, lanjut Syaifullah, merupakan implementasi Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK), maka kerjasama Kepala Puskesmas dengan Muspika dan Kepala Desa di wilayah kerja masing-masing merupakan keniscayaan untuk sama-sama bersinergi meningkatan derajat kesehatan masyarakat.

“Tanggungjawab masalah kesehatan bukan mutlak menjadi tanggungjawab petugas kesehatan, tetapi di dalamnya ada peran besar pemangku wilayah baik Camat dan Kepala Desa serta unsur Muspika lainnya dalam rangka mendorong terciptanya peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Ini sesuai dengan perencanaan yang strategis bidang kesehatan. Kesehatan merupakan prasayarat utama dan terpenting dalam menjalankan pembangunan sehingga sangat penting usaha dalam meningkatkan dan mempertahankan kesehatan untuk mewujudkan SDM yang berkualitas dalam menjalankan roda pembangunan,” pungkasnya. (Metro7)