Kemarau Tiba, Camat Himbau Warga Tak Bakar Lahan

0
101

METRO7.CO.ID, Amuntai – Guna mengantisipasi maraknya Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) saat memasuki musim kemarau diwilayah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) khususnya di Kecamatan Banjang, H Rusmadi Juriani selaku Camat Banjang mengimbau masyarakatnya untuk tidak melakukan pembakaran lahan terutama pada saat musim kemarau tiba.

“Kepada seluruh masyarakat, terutama para petani, agar tidak melakukan pembakaran untuk menjadikan ladang pertanian,” Ujarnya saat ditemui dikantornya. Selasa (28/08/2018).

Selain itu, ia juga menerangkan tentang dampak apabila para petani atau oknum tertentu masih melakukan pembakaran hingga terjadi Karhutla.

“Membakar lahan merugikan masyarakat itu sendiri, bahkan pembakaran hutan ada sangsi hukum, jangan main main,” Tegas Rusmadi.

Kemudian Camat kembali menjelaskan, Pihaknya juga sudah berkoordinasi kepada seluruh aparatur desa diwilahnya dan melakukan Sosialisasi terkait Karhutla.

“Sosialisasi sudah kita laksanakan, guna memberikan pemahaman kepada warga dan aparat desa akan dampak tersebut.” Katanya.

Ia tak memungkiri, meski beberapa hari yang telah lewat adanya kepolan asap dan api melalap lahan gambut milik warga, sembari mengimbau “Kepada warga untuk tidak melakukan pembakaran lahan.” Akhirnya.(Metro7/Mnr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here