Dispensasi Lima Tahun Bagi Bangunan Tak Sesuai Tata Ruang

0
28

TANJUNG – Sebanyak 11 permohonan rekomendasi tata ruang yang disampaikan Dinas serta Instansi dan pihak swasta kepada Pemerintah Kabupaten Tabalong, dibahas dalam rapat Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah (TKPRD) Kabupaten Tabalong Kamis (1/11/2018) di Aula Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

Rapat dipimpin Kepala Bidang Penataan Ruang Dinas PUPR Kabupaten Tabalong Feher Unari, dengan melibatkan semua anggota tim dari SKPD, Instansi terkait.

Dalam rapat dipaparkan ada 11 pemohon rekomendasi tata ruang, yang terdiri 3 permohonan dari Kantor dan Dinas jajaran Pemerintah Kabupaten Tabalong dan 8 dari pihak Swasta.

Melalui rapat pembahasan tersebut akan memutuskan apakah permohonan rekomendasi tata ruang diberikan atau tidak diberikan sebagaimana Peta Pola Ruang Perda Nomor 19 Tahun 2014 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Tabalong 2014 – 2034.

Ke 11 permohonan rekomendasi tata ruang telah dilakukan Survey oleh Tim pada Bulan September dan Oktober 2018.

Kepala Bidang Penataan Ruang Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Tabalong Feher Umari mengatakan rapat yang dilaksanan diikuti semua Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah (TKPRD) Kabupaten Tabalong, dan dalam rapat yang berlangsung masing-masing anggota tim melakukan penilaian terhadap permohonan rekomendasi tata ruang yang disampaikan.

Banyak hal yang dibahas terkait permohonan rekomendasi, yang salah satunya permohonan perubahan fungsi lahan yang perlu dilakukan pertimbangan teknis proses penampalan calon
pengguna ruang terhadap RTRW Kabupaten Tabalong.

“Permohonan rekomendasi tata ruang peruntukannya harus sesuai dengan aturan,” katanya.

Ketika ditanya adanya bangunan sarang burung walet yang sudah terlanjur dibangun dan tidak sesuai tata ruang, Luky menegaskan kalau sudah terlanjur dibangun akan diberikan semacam dispensasi untuk selama 5 tahun, dan setelah 5 tahun akan dilakukan evaluasi kembali apakah diizinkan atau tidak, yang jelas ikuti aturan yang ada. (metro7/via).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here