Permata Karya Pengrajin Banua Diikutkan Pameran Go Internasional

0
19

BANJARMASIN – Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan menggelar Festival “Batu Permata Go International” diikuti 62 penguasa, acara berupa pameran batu permata, lomba foto batu permata, talkshow edukasi batu permata, laboratorium batu permata, serta hiburan, fashion show dan doorprize, Jum’at tadi di Atrium Duta Mall Banjarmasin.

Staf Ahli Gubernur Kalsel Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Gusti Burhanuddin, menyampaikan pesan kata sambutan dari Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, dimana kegiatan festival batu permata go internasional ini sangat strategis membangun menumbuhkan industri yang kreatif, Pemprov Kalsel secara konsenten akan terus memberikan ruang dan mendorong hasil karya terbaik dari para pengrajin permata yang ada di masyarakat Kalsel.

“Daerah kita yang mempunyai Sumber Daya Alam (SDA) yang berlimpah, termasuk berbagai macam batu mulia, salah satu contoh di daerah Martapura, diantaranya jenis batu kecupung, king sapir, red borneo, kecubung madu dan lainnya, terutama intan Martapura yang sudah mendunia, merupakan hasil dari bumi borneo,” ungkapnya.

Dikesempatan Kadis Pariwisata Provinsi Kalsel, Dahlian Kifli mengatakan tujuan dari kegiatan ini untuk membangkitkan lagi, menggairahkan para pengrajin, pencinta batu pertama.

Dimana potensi batu permata daerah kalah bersaing di internasional. Bahkan bahan mentah batu permata milik daerah dibawa keluar, tapi hasilnya kembali dijual ke daerah.

“Kegiatan ini tentunya untuk memberdayakan sdm pengrajin daerah kita sendiri,” katanya. (metro/ad)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here