BATULICIN – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), dr H Andi Abdurrahman Noor saat ini dipersiapkan untuk memiliki pelayanan kesehatan berstandar nasional bagi masyarakat.
Langkah-langkah strategis telah dilakukan pemerintah daerah bersama pihak rumah sakit untuk mendorong peningkatkan sistem layanan kesehatan di instansi RSUD tersebut.
“Sehingga pelayanan pasien menjadi lebih baik,”  kata Direktur RSUD, dr H Andi Abdurrahman Noor, drg R Harry Dharmawan S, M.Kes di Batulicin Rabu (18/3) kemarin.
Langkah-langkah strategis yang selama sudah dilakukan pemerintah daerah antar lain dengan cara meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga medis yang ada di rumah sakit.
Upaya ini dilakukan melalui sistem pelatihan di bidang kesehatan terhadap para tenaga medis baik yang sifatnya internal dilingkungan rumah sakit sendiri atau mengikuti pelatihan ke daerah lain.  
Upaya berikutnya adalah melakukan akreditasi rumah sakit fersi KARS (Komisi Akreditasi Rumah Sakit) tahun 2012.
Selanjutnya merumuskan kebijakan tentang hak dan kewajiban pasien yang dituangkan dalam bentuk surat keputusan direktur, melaksanakan sasaran atau menjamin keselamatan pasien, dan melakukan pencegahan serta pengendalian infeksi di lingkungan rumah sakit.   
Pada kesempatan lain Bupati Tanbu, Mardani H Maming, mengatakan peningkatan sistem layanan rumah sakit adalah salah satu bentuk komitmen pemerintah daerah dalam menjamin kesejahteraan masyarakat di bidang kesehatan.
Atas dasar komitmen itu, tak sedikit pula program daerah yang difokuskan untuk membangun fasilitas rumah sakit guna memberi kenyamanan pelayanan kesehatan terhadap para pasien. 
Meski secara bertahap, jelas bupati, setidaknya saat ini fasilitas rumah sakit yang menjadi kebutuhan pasein sudah terpenuhi.
Rumah sakit dibangun pemerintah daerah di atas lahan seluas 6 hektare tepatnya di Desa Sepunggur Kecamatan Kusan Hilir tersebut, karyawannya kini mencapai sekitar 500 orang, belum termasuk tenaga Outsourcing atau cleaning service. 
Jumlah dokter spesialis yang bertugas di rumah sakit mencapai 14 empat orang. Teridiri atas Spesialis Bedah Umum dua orang, Bedah Tulang satu orang, Penyakit Dalam dua orang, Spesialis Kandungan dua orang, Spesialis Jiwa satu orang, Spesialis Penyakit Kulit dan Kelamin satu orang, Spesialis Anak satu orang, Spesialis Tenggorokan, Hidung, dan Telinga (THT) satu orang, Anastesi satu orang, Radiologi satu orang, dan Spesialis Rehap Medik sebanyak satu orang. 
Jumlah dokter umumnya sebanyak 18 orang, doter gigi tiga orang, perawat 167 orang, dan jumlah tenaga bidan sebanyak 64 orang. 
RSUD Tanbu juga dilengkapi dengan sistem instalasi pengolahan air bersih sendiri.    Kaspitas penampungan airya mencapai 200 m3, yang cukup untuk memenuhi kebutuhan  seluruh pasien yang ada di rumah sakit. (relhum)