TANJUNG – Beragam buah lokal salah satunya langsat atau duku tumbuh subur diseluruh desa di Kecamatan Tanta. Hal ini juga menjadi rencana bahwa desa ini bakal menjadi pusat wisata buah di Kabupaten Tabalong.

Tumbuh suburnya buah langsat manis di Tanta juga membuat Anggota DPR RI komisi V Abdul Latief Hanafiah sangat mendukung bila Kecamatan Tanta dijadikan pusat wisata buah di Tabalong.

“Kita akan dukung penuh,” katanya saat mengikuti kegiatan acara panen raya Banaik Langsat di Desa Tanta Kecamatan Tanta Senin tadi.

Abdul Latief Hanafiah yang ikut langsung memetik langsat ini juga sangat apresiasi kegiatan yang digelar oleh Kabupaten Tabalong khususnya Desa Tanta Kecamatan Tanta ini, karena acara panen raya banaik langsat merupakan suatu acara yang unik.

“Kegiatan ini sebenarnya suatu atraksi budaya yang kita harapkan menjadi atraksi wisata,”ungkapnya.

Ia juga mendukung apabila kegiatan ini menjadi agenda rutin setiap datang masa panen langsat. Sebab, tujuan acara ini adalah untuk memberikan kampanye atau edukasi kepada masyarakat untuk menjaga dan melestarikan buah lokal khususnya langsat Tanta.

Dukungan lainnya juga disampaikan Bupati Tabalong H. Anang Syakhfiani. Ia menyampaikan acara ini mengingatkan pengalaman hidup 45 tahun yang lalu. Ketika diusia muda ia pernah banaik langsat.

Selanjutnya Pemerintah Daerah juga berjanji akan memberikan dukungan dan bantuan agar Desa Tanta ini menjadi pusat Wisata Buah di Kabupaten Tabalong.

“Kami sangat mendukung agar Desa Tanta ini menjadi Desa Wisata Buah,” ujarnya.

Menurutnya wilayah Tanta sangat strategis. Maka itu ia turut meminta masyarakat untuk menarik anggota lahannya, dan selanjutnya Pemerintah daerah akan membantu bibit.

Sementara Ketua Pelaksana Yudi Lesmana menyampaikan bahwa pihak desa di tahun 2019 ini memprogramkan inovasi desa dengan mengadakan event yang lebih besar untuk mengadakan festival buah langsat dan buah lainnya.

“Dimana nanti kegiatan ini kami harapkan menjadi unggulan pariwisata dari Desa Tanta,” katanya. (metro7)