BANJARBARU – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Banjarbaru melaksanakan kegiatan Diseminasi Informasi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Sharing dan tatap muka dilingkungan Sekolah tersebut bertema Hidup sehat tanpa Narkoba, pada Senin (3/3) kemarin di Aula kantor PAMA Persada Nusantara di Jalan A Yani KM  Kota Banjarbaru.
Kegiatan tersebut dihadiri oleh 30 lebih Karyawan PAMA Persada Nusantara, didampingi oleh Human capital general service Pama Persada Nusantara Juanda, dan timnya. Kepala BNN Kota Banjarbaru Nor Fadillah mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan informasi seluas-luasnya terhadap karyawan PAMA Persada Nusantara di Kota Banjarbaru termasuk kepada masyarakat.
“Bahaya dan ancaman Narkoba ini mulai dari tanaman seperti ganja, obat-obatan, sampai dengan sintetis buatan seperti sabu-sabu dan lain-lain. Efeknya dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, dapat menghilangkan hilangnya rasa sakit dan nyeri, dan menimbulkan ketergantungan,” ucapnya kepada Radar Banjarmasin dan kepada puluhan peserta.
Dia menambahkan, narkoba ini bisa menghambat kerja otak, dan ketergantungan, dimana kondisi yang timbul karena penyalahgunaan Narkotika yang di sertai dengan toleransi zat dan dosisnya kan selalu meningkat. Semakin hari semakin parah, dan semakin banyak yang dikonsumsinya, dan secepatnya harus ditolong untuk direhab ketergantungannya.
“Bahayanya ada yag langsung dan tidak langsung, bahaya langsungnya adalah dibutuhkan biaya yang cukup besar dari segala sisi, dan dari sisi kesehatan banyaknya gangguan kesehatan yg ditimbulkan, selain itu tidak dipercaya oleh masyarakat, mencemarkan nama baik keluarga, dan keharmonisannya, dan masa depan akan suram,” tambahnya.
Dia melanjutkan selin itu juga dampak hukum akan diancam pidana sesuai dengan UU 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara. Dia juga berpesan kepada karyawan yang sudah memiliki anak, agar mengawasi anak mereka lebih baik lagi, agar anak mereka juga terhindar dari Narkoba.(Metro7/radarbanjarmasin/net)