KOTABARU – Dalam rangka memecahkan masalah kurang baiknya telekomunikasi, khususnya penggunaan jaringan internet hingga penjuru desa di Bumi Saijaan.

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kotabaru berinisiatif mengajukan proposal pengadaan jaringan satelit sistem VSAT ke Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Pengajuan proposal tersebut merupakan respon atas adanya edaran terkait pengucuran bantuan kepada komunitas/lembaga/pemerintah daerah terkait pengembangan ekonomi kreatif.

Dalam audensi dengan tim Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Kementerian BUMN RI, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kotabaru memaparkan bahwa saat ini kebutuhan akan jaringan telekomunikasi khususnya internet menjadi kebutuhan yang tidak terelakkan.

Kondisi Geografis yang luas membuat masih terjadi sumbatan sumbatan informasi khususnya dari desa-desa terpencil ke pemerintah kabupaten maupun propinsi dan pusat.

Memperhatikan pelaksanaan pembangunan tower maupun BTS yang saat ini mulai berjalan agak lamban penambahannya, untuk itu Pemerintah Kabupaten Kotabaru melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kotabaru mengusulkan jaringan satelit sistem VSAT sebagai langkah mengurai sumbatan penyebaran informasi.

Dalam audensi tersebut, Irian juga menyadari revitalisasi Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi tersebut mungkin belum termasuk bidang pengembangan ekonomi kreatif, tetapi Irian meyakinkan bahwa program tersebut justru dapat menumbuhkan industri kecil dan menengah ekonomi kreatif di desa-desa yang selama ini belum mampu mendaptkan informasi yang memanfaatkan jaringan internet.

“Dengan adanya jaringan internet di daerah yang tidak ada atau sulit menerima sinyal diharapkan untuk langkah awal masyarakat dapat melakukan dupilikasi yang diharapkan nantinya agar muncul inovasi-inovasi baru melalui informasi yang banyak di dapat dunia maya/internet” ujar Irian.

“Kami amat berharap agar pihak Kementerian BUMN dapat mempertimbangkan proposal ini sehingga masyarakat khususnya di desa-desa kami dapat merasakan dan mendapatkan informasi yang cepat, tepat, akurat dan inovatif” tambahnya lagi

Sementara itu anggota Tim Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Kementerian BUMN RI, Zulfikar, menyatakan akan sangat memperhatikan proposal yang diajukan.

“Kami mengapresiasi pemaparan dari Diskominfo Kabupaten Kotabaru, dan semoga nanti program Bantuan BEKRAF ini juga dapat dirasakan oleh masyarakat Kotabaru” ujar Zulfikar.
( metro7/syn/rel)