JAKARTA – Ketua TP PKK Kabupaten Kotabaru Hj Fatma Idiana Sayed Jafar menghadiri Rapat Koordinasi Nasional ( Rakornas) Tim Pemberdayaan dan Peningkatan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta, Selasa (26/02).

Acara dibuka langsung Menteri Dalam Negeri Cahyo Kumolo didampingi oleh TP PKK Pusat dan diikuti juga oleh Ketua TP-PKK Provinsi, Ketua TP-PKK Kabupaten/Kota se-Indonesia.

Hj Fatma Idiana Sayed Jafar mengaku Rakernas PKK 2019 ini memberikan banyak pemahaman bagi PKK dalam menjalankan fungsi lewat program-program untuk mensejahterakan masyarakat.

“TP PKK Kotabaru terus berkomitmen agar dapat mewujudkan banyak program-program pemberdayaan untuk menopang perekonomian masyarakat,” katanya

Mendagri Cahyo Kumolo dalam sambutannya mengapresiasi Rakornas yang ditata PKK dalam rangka meningkatkan kerja sama, saling memahami, menjaga toleransi sekaligus sebagai wadah untuk bertukar informasi tentang perkembangan daerahnya masing-masing.

“Rakornas ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja seluruh pengurus PKK baik dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten hingga ke tingkat pemerintahan desa dalam upaya untuk membantu percepatan pembangunan khususnya mengenai kesehatan yang ada di lingkungan masing-masing,” ujar Cahyo

Sementara itu Ketua Umum TP PKK dr Erni Guntarti Tjahjo Kumolo dalam laporannya mengatakan bahwa Rakornas 2019 mengusung tema “Peranan TP PKK dalam Pencegahan Stunting melalui 10 program pokok PKK”.

Keterlibatan antara Pokja lanjutnya menjadi bagian yang sangat krusial untuk saling bersinergi dalam pencapaiannya, sehingga tidak terjadi dominasi pokja yang mengakibatkan konflik internal.

“Disinilah diperlukan koordinasi untuk mendapatkan solusi yang tepat dan disepakati bersama, sebagai arah kebijakan khususnya untuk mendukung percepatan penanganan stunting,” tutupnya. (metro7/hms/syn)