BANJARMASIN – Produk tabungan berbasis pelajar, seperti TabunganKu dan SimPel menunjukkan progress yang menggembirakan.

Ini berkat kesadaran pelajar menyimpan sekaligus mengelola uangnya di bank.

Progress Dana dan Treasury Bank Kalsel, Fachrudin, didampingi Kepala Bagian Pengembangan Produk dan Layanan Divisi Dana dan Treasury, Nindri Yuwani serta Staf Kehumasan Kelompok Sekretaris Perusahaan, Septian Reiswandy, kepada wartawan Senin (4/3/2019) menyampaikan, tabungan pelajar telah diluncurkan sejak beberapa tahun yang lalu oleh Bank Indonesia (BI), yang dikenal dengan nama TabunganKu.

Berselang, beberapa tahun kemudian, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menginisiasi produk tabungan pelajar baru yang dikenal dengan nama Tabungan SimPel (Simpanan Pelajar).

“Baik TabunganKu maupun SimPel merupakan jenis tabungan yang dikhususkan untuk kalangan pelajar,” terang Fachrudin.

Divisi Dana Dan Treasury Nindri Yuwani menambahkan, dua jenis tabungan tersebut bertujuan memotivasi siswa untuk gemar menabung.

“Kami pun sering melakukan workshop maupun sosialisasi ke sekolah-sekolah untuk memberikan pengetahuan mengenai perbankan di Indonesia.

Lebih dari itu, pengetahuan tentang profil Bank Kalsel secara keseluruhan, maupun manfaat dari menabung,”jelasnya.

Adapun, jelasnya lagi, cara menabung di Bank Kalsel sangat mudah. Buat anak TK dan SD bisa dengan menggunakan perwakilan dari orangtua.

Sedangkan, anak SMP dan SMA yang sudah memiliki kartu pelajar dapat menggunakannya untuk membuka rekening sendiri.

“Setoran awal untuk membuka tabungan tersebut pun sangat terjangkau, mulai dari Rp. 5.000 sampai dengan Rp. 20.000, dan setoran selanjutnya minimal dari Rp.1.000 sampai Rp.10.000,”paparnya.

Menurutnya, saat ini jumlah rekening baik TabunganKu maupun SimPel adalah lebih dari 68.000 rekening, dengan total dana lebih dari Rp.106,7 Milyar.

“Setiap tahun animo siswa yang menabung melalui TabunganKu maupun SimPel terus meningkat.

Karenanya, kegiatan Literasi Keuangan Bank Kalsel digalakkan setiap tahunnya, sehingga para siswa mengerti manfaat untuk menabung sejak dini,”terangnya. (metro7/ad)