Jalan Selesai Dibangun TMMD, Angkutan Pertanian pun Lancar

0
44

TANJUNG – Pebuatan Jalan Sepajang 1.840 meter yang telah dikerjakan Satgas TMMD Ke-104 Kodim 1008 Tanjung melibatkan komponen masyarakat di Ribang Desa Hayup Kecamatan Haruai Kabupaten Tabalong.

Kini jalan tersebut sudah bisa diakses dan berdampak positif terhadap kelancaran arus transportasi lebih-lebih bagi masyarakat petani, apalagi bagi masyarakat yang mayoritas menggantungkan hidupnya dari hasil panen karet setiap harinya.

Ahmad salah seorang warga mengakui dulu pihak warga sangat sulit sekali mengangkut hasil panen karet melintasi jalan setapak, apalagi pada saat musim penghujan, jalannya becek dan licin tidak jarang membuat terjatuh.

Namun, sekarang dengan adanya jalan yang dibuat melalui kegiatan TMMD ini pihak warga merasa nyaman dan aman mengangkut hasil panen karet, dan bahkan yang dulunya perjalanan membawa hasil karet berjam-jam, kini sudah bisa dilakukan dengan hitungan menit.

“Kami merasa bersyukur sekali dengan kepedulian TNI, dan kami sangat berterimakasih,” katanya.

Sementara Sekretaris Desa (Sekdes) Hayup Agung Budiman mengatakan, pembuatan jalan Hayup-Ribang 2 yang dikerjakan TMMD dampaknya sangat menguntungkan sekali bagi warga masyarakat, karena merupakan jalan utama yang biasa diakses warga dalam mengangkut hasil produksi pertanian terutama hasil karet.

Disepanjang lintasan jalan yang dibangun TMMD terdapat disamping kanan dan kiri jalan ratusan hektare kebun karet karet milik warga, rata-rata warga masyarakat.

Penduduk Desa Hayup Ribang 2 disebutnya memiliki antara 1,5 sampai 2 hektare kebun karet disepanjang jalan yang dibuat TMMD.

Oleh karena dengan dibangunya jalan ini akan berdampak besar bagi peningkatan ekonomi masyaralkat.

Tidak hanya mengangkut hasil karet, jalan ini juga digunakan untuk angkutan hasil pertanian hortikoltura ,juga sebagai satu-satunya jalan penghubung pintas ke Desa Ribang Kecamatan Muara Uya.

Jadi ungkqpnya lagi dengan adanya jalan ini disamping bermanfaat menunjang kegiatan ekonomi petanian masyarakat juga sebagai jalan penghubunga dua Desa dan Kecamatan. (metro7/via)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here