Selain Bangun Desa, Satgas TMMD juga Dengar Keluh Kesah Warga

0
72

TANJUNG – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 Tahun 2019 Wilayah Kodim 1008 Tanjung masih berlangsung. Sejak itu pula anggota Satuan Tugas (Satgas) TMMD melaksanakan kegiatan bersama termasuk berbaur di tengah masyarakat.

Di balik pengabdian itu, terselip banyak suka yang dirasakan anggota Satgas TMMD, termasuk yang dirasakan anggota Satgas, Serda irsan

Sebelum memulai dan sesudah mengakhiri aktivitas bersama, anggota Satgas TMMD selalu meluangkan waktu untuk diskusi bersama masyarakat di lokasi sasaran, seraya menyisipkan materi komunikasi sosial (Komsos).

“Kalau ditanya duka, itu banyak sukanya hampir semua sukanya. Kita bisa berdiskusi bersama masyarakat di sini,” ujar Serda Irsan sembari duduk bersantai bersama di teras rumah ibu Mulyani

Kebersamaan yang paling melekat di hati anggota Satgas TMMD adalah masyarakat di lokasi sasaran selalu semangat sukarela membantu pengerjaan, memberikan tempat tinggal juga menyediakan makanan.

Selain itu, anggota satgas lainnya juga mengalami hal yang sama saat mendengarkan keluh-kesah maupun suka-duka rakyat kecil di pelosok Desa Hayup, yang sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani karet.

Para warga bercerita tentang anjloknya harga karet, terlebih jalan yang mereka miliki sebelumnya tidak bisa dilewati para temgkulak untuk membeli karet mereka.

Amir adalah salah satunya. Warga Desa Hayup ini sangat berterimakasih kepada TNI khususnya Kodim 1008 Tanjung atas pembangunan sasaran fisiknya berupa perbaikan dan pelebaran jalan sepanjang 1840 meter, lebar kurang lebih 8 meter diareal perkebunan.

Juga menghubungkan Desa Hayup menuju Ribang 2 yang dirasakannya terasa sekali manfaat dan sudah bisa digunakan masyarakat.

Sebelum dilakukan perbaikan dari TMMD, jalan kebun yang dulunya setapak berubah menjadi lebar bahkan bisa dilewati mobil roda empat.

Selain itu, jarak tempuh jalan yang dukunya puluhan menit, kini cuma itungan menit.

“Saya berharap pembangunan yang di lakukan TNI ini bisa dilanjutkan oleh pemerintah,” harapnya. (metro7/via)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here