KOTABARU – Dalam mengawasi jalannya tahapan pemilu agar bisa berjalan sesuai aturan maka Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) meminta semua pihak ikut mengawasi tak terkecuali masyarakat.

Ketua Bawaslu Kotabaru, Mohammad Erfan saat sosialisasi pengawasan partisipatif kepada kelompok strategis di Hotel Grand Surya, Jumat tadi mengatakan, ada sekitar enam kegiatan lagi yang harus diawasi dalam 20 hari kedepan.

Seperti tahapan kampanye umum dan diiklan media cetak dan elektronik dimulai tanggal 24 sampai 13 April.

Kemudian kata Erfan, ada tahapan masa tenang yang harus diawasi bersama dari tanggal 14,15 dan16 April. Menurutnya Ini tahapan paling krusial.

Lalu terakhir adalah tahapan pengawasan pungut hitung dan ini kata Erfan paling penting, agar penghitungan pemungutan itu benar-benar memiliki legetimasi yang bisa diterima oleh semua pihak.

Mantan ketua KPU ini, mengatakan dalam penguatan ini hampir semua elemen dilibatkan. Seperti dari organisasi masyarakat kepemudaan, keagamaan, penyandang difabel, pramuka juga Bem eksekutif mahasiswa. Dalam waktu dekat pihaknya akan menjalin MOU dengan perguruan tinggi di Kotabaru.

“Oleh karena itu kami perlu melibatkan masyarakat untuk ikut serta dalam pengawasan,” katanya

Erfan juga berjanji akan menindakkanjuti laporan warga meski hanya lewat sms.

“Kalau masyarakat misalkan tidak ingin diketahui identitasnya, sms pun akan kami sikapi sebagai bagian dari informasi awal agar kami bisa melakukan investigasi,”tandasnya. (metro7/syn).