Desa Maradapan Pulau Sembilan Dicanangkan Kampung KB

0
37

KOTABARU – Desa Maradapan Kecamatan Pulau Sembilan Kabupaten Kotabaru dicanangkang menjadi kampung Keluarga Berencana (KB) oleh Bupati Kotabaru H Sayed Jafar Al Idrus, Kamis.

Ini merupakan yang ke 21 untuk tahun 2018 dengan jumlah semua kampung KB yang ada di Kabupaten Kotabaru sebanyak 43 desa selama 2 tahun dilaksanakan.

“Alhamdulillah, selama 2 tahun Kabupaten Kotabaru sudah memiliki 43 Kampung KB, dan program ini untuk mensejahterakan masyarakat, karena dua anak lebih baik,” kata Bupati Sayed Jafar.

Kampung KB ini kata Sayed, merupakan miniatur atau gambaran dari sebuah desa yang di dalamnya terdapat keterpaduan program pembangunan kependudukan dan keluarga.

Dan disinergikan dengan program pembangunan sektor terkait seperti, pendidikan, kesehatan, lingkungan dan lainnya melalui sosialisasi, komunikasi, dan edukasi tentang program KB kepada masyarakat serta pelayanan KB di tingkat Desa, Kelurahan, dan Kecamatan.

“Dengan dibentuknya Kampung KB di Desa Maradapan ini dapat mendekatkan akses pelayanan kepada keluarga dan masyarakat, dan dapat menjadi wahana pemberdayan masyarakat, melalui berbagai macam program yang mengarah kepada upaya merubah sikap, prilaku dan cara berpikir masyarakat kearah yang lebih baik,” jelasnya.

Di hari yang sama, juga diserahkan bantuan dana hibah APBD Kabupaten Kotabaru tahun 2019 sebesar 65 juta untuk pembangunan mesjid An-Nabah, kemudian 50 juta untuk pengurus Mesjid Darul Mu’min, dan tiga buah alat GPS untuk kelompok nelayan Desa Madapan oleh Bupati Kotabaru.

Pencanangan kampung KB ini jugs dihadiri Danrem 101 Antasari, Dandim 1004 Kotabaru, Sekda Kotabaru, Kepala SKPD dan Kepala Desa setempat. (metro7/syn).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here