TAMIANG LAYANG – Bupati Barito Timur Kalimantan Tengah Ampera AY Mebas menegaskan kepada anggota Badan Permusyarawatan Desa (BPD) yang sudah dilantik agar menjalankan amanah yang sudah diberikan oleh masyarakat dengan sebaik – baiknya.

“Jalankan amanah yang sudah diberikan masyarakat dengan baik dan benar. Perjuangkan aspirasi mereka, jangan takut menegur pemerintah desa kalau itu sudah menyalahi aturan,” tegas Ampera usai pelantikan BPD di gedung pertemuan umum mantawara beberapa waktu lalu.

Lelaki yang dikenal tegas ini juga mengingatkan kepada anggota BPD yang sudah dilantik agar fokus bekerja didesa sesuai topoksi dan aturan perundang undangan sebagai anggota BPD serta harus bersenergi dengan kepala desa untuk memajukan desa dan mensejahterakan masyarakat.

“Mereka anggota BPD tidak boleh merangkap menjadi PHL atau kerja diperusahaan. Mereka harus fokus bekerja sebagai anggota BPD didesanya. Dan kalau pun ada dari mereka seperti itu mereka harus memilih salah satu honor, apakah dari BPD atau sebagi PHL, tidak boleh keduanya diambil. Dan untuk kedepan kita akan lebih ketat lagi, apabila PHL mencalon BPD dan terpilih, mereka harus mengundurkan diri jadi PHL,” tegasnya.

Menurutnya, kalau mereka anggota BPD merangkap sebagai PHL atau diperusahaan tentu menghambat kinerja untuk mengawasi pekerjaan pembangunan dan pemerintahan didesa.

“Saya harap BPD yang sudah dilantik bisa secepatnya bersenergi dengan kepala desa, sehingga roda pemerintahan bisa berjalan dengan baik dan benar. Dan apabila ada permasalahan terkait pengerjaan pembangunan didesa, BPD jangan segan – segan untuk menegur kepala desa. Apabila ditegur tetap ngeyel silahkan laporkan kepada saya,” tutup Ampera.(metro7/budi).