TANJUNG – Rangkaian kegiatan Safari Ramadhan 1440 Hijiriah di Kecamatan Muara Harus, Kamis (16/5/2019), diawali dengan peletakan batu pertama pembangunan masjid oleh Wakil Bupati Tabalong H Mawardi.

Rencana pembangunan masjid yang akan diberi nama Masjid Al-Anshar, berukuran 20 x 30 meter terletak di RT.003 Desa Tantaringin dan tidak berjauhan dengan Kantor Kecamatan Muara Harus.

Wakil Bupati bersama Ketua DPRD H.Darwin Awi, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, H.Zulfan Noor, Kabag Kesra H.Rusmadi,dan sejumlah Kepala SKPD terkait setelah melakukan peletakan batu pertama pembangunan masjid langsung menuju mesjid Al-Anshar, untuk buka puasa bersama.

Di Mesjid Al-Anshar berukuran hanya 10 x 10 meter yang dulunya hanya sebuah langgar ini digunakan warga masyarakat Desa Tantaringin dan Kecamatan Muara Harus sebagai mesjid.

Wakil Bupati H.Mawardi, Ketua DPRD H.Darwin Awi bersama rombongan bergabung dengan warga masyarakat untuk berbuka puasa bersama.

Sambil menunggu waktu tibanya berbuka puasa diisi dengan ceramah agama yang disampaikan ustad H.Syukran Makmun, dan juga penyerahan bantuan hibah dari Pemerintah Kabupaten Tabalong, untuk tiga sarana tempat ibadah di Kecamatan Muara Harus, yakni Mesjid Jami Darussalam di RT.002 Desa Padangin, jumlah bantuan hibah sebesar Rp.200 Juta, Mesjid Quba di RT.003 Desa Manduin, jumlah bantuan hibah sebesar Rp.100 Juta, dan untuk Mesjid Al-Ansyar RT.003 Desa Tantaringin sebesar Rp.250 Juta.

Ketiga bantuan hibah tersebut langsung diserahkan Wakil Bupati kepada masing- masing yang mewakili pengurus masjid.

Wakil Bupati Tabalong H.Mawardi dalam sambutannya mengharapkan semoga pembangunan mesjid bisa berjalan lancar dan cepat selesai.

Untuk pembangunan mesjid Al-Anshar disamping bantuan dana hibah dari Pemerintah Kabupaten Tabalong, juga ada bantuan dari Pemerintah Propinsi Kalimantan Selatan sebesar Rp 300 juta.

“Jadi ada modal panitia pembangunan mesjid Al-Anshar sebesar Rp.550 Juta, mudah-mudahan setiap harinya ada shadaqah dan infaq dari warga masyarakat, khususnya warga masyarakat Kecamatan Muara Harus,” katanya.

Dalam kesempatan safari ramadhan ini Wakil Bupati atas nama Pemerintah Kabupaten Tabalong juga menyampaikan Selamat menjalankan ibadah puasa dihari yang ke 11 ramadhan 1440 Hijiriah.

“Semoga amal ibadah kita semua diterima disisi Allah Subhanahua Ta,ala dan mendapatkan ganjaran pahala,” katanya lagi.

Kepala Desa Tantaringin, Suran mengatakan, keinginan warga masyarakat untuk membangun sebuah mesjid yang ideal ini, mengingat masjid Al-Anshar yang ada dulunya hanya sebuah langgar dan ukurannyapun hanya 10 x 10 meter sehingga warga masyarakat bersepakat untuk membangun mesjid yang lebih besar ukurannya, untuk itu pula telah diawali dengan pengadaan tanah secara swadaya, yang dilanjutkan dengan pembangunan pondasi mesjid.

“Rencana kami nanti kalau pembangunan mesjid Al-Al-Ashar sudah terwujud, masjid yang ada akan difungsikan sebagai LPTQ,” katanya. (metro7/via)