TAMIANG LAYANG – Wakil Bupati Barito Timur Habib Said Abdul Saleh secara resmi membuka kegiatan Rapat koordinasi Tim Inovasi Kabupaten terkait program inovasi desa di Aula Hotel Ade Senin (20/5/2019).

Kegiatan tersebut dihadiri Camat, tenaga ahli P3MD Bartim, Tim pelaksana inovasi desa TPID dan perwakilan pendamping desa 1 orang dari masing-masing Kecamatan.

Dalam sambutannya, orang nomor dua di Kabupaten yang berjuluk gumi jari janang kalalawah mengucapkan selamat datang kepada para narasumber dan peserta yang telah menghadiri kegiatan rapat Koordinasi TIK.

Dalam pemaparanya, rapat koordinasi desa dimaksud untuk meningkatkan kapasitas desa sesuai dengan undang-undang inovasi desa Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa.

Menurutnya, program inovasi desa sangat membantu desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan desa secara berkualitas agar dapat meningkatkan produktivitas masyarakat dan perkembangan ekonomi serta mempersiapkan pembangunan sumber daya yang memiliki daya saing.

“Program Inovasi desa hadir sebagai upaya mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan dana desa dengan memberikan merujuk inovasi pembangunan desa,” ucap Habib.

Lelaki yang dikenal sangat ramah itu juga mengatakan bahwa kegiatan ini untuk memfasilitasi peran pendamping dalam pengembangan potensi ekonomi lokal dan kewirausahaan.

Pengembangan sumber daya manusia serta infrastruktur desa sehingga secara tidak langsung menggerakkan ekonomi desa.

Dirinya berharap, melalui kegiatan penyelenggaraannya dapat mencapai sasaran, untuk itu kepada semua peserta kegiatan agar mengikuti kegiatan dengan benar dan sungguh-sungguh,
sehingga pengetahuan yang didapatkan nantinya dapat diterapkan serta diaplikasikan dalam pengelolaan Dana Desa secara lebih profesional, sehingga desa menjadi lebih produktif dan maju.

“Saya berharap agar semua dapat mengembangkan serta mentransfer anggota tim inovasi desa yang lain, sehingga proses alih informasi dapat berjalan dengan baik juga menggunakan waktu yang sangat terbatas, dengan melakukan tanya jawab atau shering dengan para narasumber sehingga materi yang disampaikan dapat lebih dipahami dalam menunjang tugas dan tanggungjawab saudara-saudara kedepannya,” tutup Wakil Bupati Bartim.(metro7/budi)