AMUNTAI – Tim Penjaringan dan Verifikasi calon tuan rumah Porprov X 2017 melakukan verifikasi dan uji kelayakan sejumlah fasilitas olahraga di Kota Amuntai. Hal itu dilakukan atas kesiapan Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara sebagai tuan rumah pekan olahraga tiga tahunan tersebut.
Tim yang terdiri dari tujuh orang itu, disambut langsung oleh Bupati setempat Drs H Abdul Wahid HK didampingi Ketua DPRD HSU H Sahrujani dan Ketua KONI H Barkati di Mess Negara Dipa Senin baru tadi.
Bupati H Abdul Wahid HK dalam sambutannya, menyampaikan, pemerintah HSU secara kelembagaan siap menjadi tuan rumah Porprov X 2017. Bahkan secara pribadi bupati sangat mendukung HSU sebagai tuan rumah.
“Kita benar-benar ingin memasyarakatkan olahraga kepada warga, kerenanya kami siap sebagai tuan rumah Porprov X,” terangnya. Selain itu, kesungguhan Bupati dalam menyelenggarakan even olahraga tingkat provinsi itu, ditunjukkan dengan melakukan perbaikan-perbaikan sejumlah sarana dan prasarana olahraga seperti lapangan sepak bola.
Selanjutnya, Ketua Penjaringan Tri Irianto menerangkan, Porprov X 2017 ada lima Kabupaten/kota yang mengajukan kesiapannya untuk menjadi tuan rumah porprov. Dimana kelima daerah itu, yakni Kabupaten Tabalong, HSU, HSS, Kota Banjarbaru dan Kota Banjarmasin.
Namun dari lima kandidat, calon tuan rumah Porprov X yang mengajukan, satu daerah tidak lolos administrasi dan dinyatakan gugur.
Sementara administrasi yang paling lengkap menurut Tri adalah Kabupaten HSU, Meski demikian Tri menambahkan, masih ada tahap kedua yaitu verifikasi dan uji kelayakan di lapangan yang menentukan kabupaten tersebut layak jadi tuan rumah.
Sebelumnya, Ketua Koni setempat H. Barkati, menyampaikan kesiapannya sebagai tuan rumah pelaksanaan porprov. “HSU siap menjadi tuan rumah, bahkan kesiapan HSU menjadi tuan rumah telah mendapat dukungan penuh dari Bupati HSU, DPRD HSU dan Masyarakat HSU,” terangnya.
Dalam kunjungannya, tim penjaringan dan verifikasi, diantar dan diperlihatkan gambaran sarana dan prasarana olahraga yang berdiri di HSU, sebagai salah satu syarat dalam menetapkan calon tuan rumah Porprov ke X 2017 mendatang. Metro7/Fit