TANJUNG – Pelatihan dan bimbingan usaha oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Tabalong sambangi Desa Suput guna melatih sebanyak 20 peserta pada kegiatan berjudul pemandu dan penerapan teknologi tepat guna (TTG).
Semua peserta akan di latih dalam 3 kegiatan pelatihan keterampilan  yaitu pembuatan batako vaping block dan rooster .
Kegiatan perluasan dan pengembangan kesempatan kerja merupakan bagian dari keperdulian Pemerintah Daerah tabalong pada masarakat demi perbaikan ekonomi masyarakat.
Kepala Desa Suput Nani Hariati mengatakan sangat bersyukur atas sumbangan pelatihan dan kegiatan bimbingan teksnis wira usaha baru (WUB) tersebut. “Harapan kita semua kegiatan ini ,mampu memberdayakan masyarakat membuka lapangan kerja sendiri dan dapat menjadi nilai tambah ekonomi masyarakat,” katanya.
“Peserta di ambil dari perwakilan masing masing RT yang ada di desa kami dan  diambil masing masing perwakilan warga yang benar benar ingin maju serta menambah pengalaman,” katanya lagi.
“Intinya saya sebagai kepala desa ingin masyarakat mandiri,dan lebih sejahtera saya ucapkan terimakasih banyak pada dinas tenaga kerja dan transmigrasi atas kegiatan bermanfaat ini,” imbuhnya.
Kabit Produktifitas Disnakertrans Tabalong, Rahmadi saat pembukaan acara mengatkan  program pelatihan ini dilaksanakan di beberapa desa di Tabalong dan tidak semua desa bisa mendapat program pelatihan ini. “Saya berharap kegiatan ini  dapat menjadikan kelompok  wira usa baru juga  menjadi pengalaman dari peserta hingga bisa menjadi nilai tambah ekonomi ,” katanya.
“Hari ini sampai senin pelatih yang kami ambil dari tenaga trampil di bidangnya akan membagi ilmu pada para peserta selama 6 hari kegiatan ini akan berlangsung di siang hari setelah kegiatan rutin peserta seperti ke kebun dan lain – lain,” katanya lagi.
“kami juga  hibahkan peralatan untuk menunjang aktifitas serta dana sebesar lima juta rupiah untuk menunjang kegiatan kelompok setelah pelatihan ini. Harapan kami pelatihan ini bisa dilaksanakan dari nol sampai para peserta bisa mandiri dan mengembangkan usahanya,” lanjutnya.
“Ini kegiatan juga merupakan bagian dari program  Bupati baru untuk membuka wira usaha baru di bumi saraba kawa,” imbuhnya.
Alfian salah satu peserta mengatakan sangat berterima kasih pada pemerintah daerah atas kegiatan tersebut,  para peserta sangat merasakan manfaat pelatihan apa lagi kegiatan ini sangat baik dan sangat bernilai guna. (metro7/Rz)