BATULICIN  – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas Utara melaksanakan kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Kab. Tanbu).
 Kunjungan kerja Bupati Musi Rawas Utara beserta Tim Peningkatan Kapasitas Aparatur Perencana Kabupaten Musi Rawas Utara ke Kab. Tanbu diterima oleh Wakil Bupati Tanbu H. Sudian Noor, Sekda Tanbu Drs. Said Akhmad, dan pimpinan SKPD Tanbu, Senin (5/12) pagi di Kantor Bupati Tanbu, Gunung Tinggi, Batulicin.
  Bupati Musi Rawas Utara, H.M. Syarif Hidayat mengatakan kunjungan kerja ke Tanah Bumbu  dalam rangka meningkatkan kapasitas aparatur perencana yang ada di Pemkab Musi Rawas Utara.
  Selama Empat hari mulai dari 5 sampai 8 Desember 2016, Tim Peningkatan Kapasitas Aparatur Perencana Kab. Musi Rawas Utara akan berkunjung mendatangi SKPD-SKPD yang ada di Tanah Bumbu.
  Dikatakan Bupati, hasil dari kunjungan kerja ini nantinya akan kami terapkan di Kabupaten Musi Rawas Utara.
 Menurut H.M. Syarif Hidayat, Kab. Musi Rawas Utara dan Kab. Tanbu memiliki kesamaan, satu dari kesamaan tersebut yaitu kaya dengan Sumber Daya Alam (SDA).  Di Musi Rawas Utara terdapat Batubara, Minyak dan Gas Bumi, Emas, Batu Besi, Uranium, serta sektor pertanian dan perkebunan. Harapan kami tentunya SDA yang dimiliki tersebut dapat memakmurkan rakyat kami.
  Wakil Bupati Tanbu H. Sudian Noor menyambut baik dan mengucapkan selamat datang dan terimakasih atas kunjungan kerjanya ke Tanbu.
  Kunjungan kerja ini merupakan suatu yang menggembirakan dan membahagiakan bagi Tanbu karena dengan kunjungan kerja ini kita tidak saja saling bertukar informasi tetapi juga dapat bersama-sama secara langsung mengikat tali silaturahmi yang baik dan hubungan yang harmonis antar dua Kabupaten.
  “Momentum kunjungan kerja ini dapat dimanfaatkan untuk saling bertukar pengalaman dan bertukar informasi serta memberikan masukan positif bagi masing-masing Kabupaten,” ujar Wabup.
  Sementara itu, Sekda Tanbu H. Said Akhmad memaparkan Misi Kabupaten Tanah Bumbu pada kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Tanah Bumbu.
  Adapun Misi Kab. Tanbu yakni, 1). Membangun Pusat Ekonomi Maritim, 2) Pembangunan Ekonomi Daerah Berbasis Ekonomi Kerakyata, 3). Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan Hidup Berkelanjutan, 4). Pembangunan Sumberdaya Manusia, dan 5). Pengembangan Tata Kelola Pemerintahan.
   Adapun Program Unggulan Kabupaten Tanah Bumbu yaitu ; 1) Program Layanan Kesehatan Gratis, 2) Program Pendidikan Gratis, 3) Program Satu Milyar Satu Desa, 4) Peningkatan Guru yang Bermutu dan Berdedikasi Bekerjasama dengan Lembaga Perguruan Tinggi, 5) Pembangunan dan Peningkatan Jalan dan Jembatan, 6) Penerapan Sistem Informasi Perencanaan, Penganggaran, Pengendalian dan Evaluasi (E-Planning, E-Budgetting, E-Monev, dan E-Database), dan 7). Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan di Desa. (metro7/relhum)