BATULICIN – Dua Desa rawan pangan di Kecamatan Kusan Hilir  menerima bantuan pangan dari Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Kab. Tanbu).
Penyerahan bantuan pangan diserahkan secara simbolis oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Tanbu Drs. H. Said Akhmad, MM dan Kepala Kantor Ketahanan Pangan Daerah (KPD) Tanbu Ir. Akhmad Fauzi kepada masing-masing Kepala Desa penerima bantuan pangan, Senin (28/11) di Kantor Bupati Tanbu, Batulicin.
“Penyerahan bantuan cadangan pangan dari Pemkab Tanbu melalui  KPD Tanbu dalam rangka penanganan daerah rawan pangan,” Kata Akhmad Fauzi.
Dikatakanya, ada dua desa di Tanbu yang masuk dalam daerah rawan pangan. Yaitu Desa Serdangan dan Desa Karya Bhakti di Kecamatan Kusan Hilir.
Dua desa tersebut masuk dalam daerah rawan pangan disebabkan tanaman padi yang di tanam oleh petani setempat terkena banjir sehingga tidak memiliki stok pangan. Dengan gagalnya tanaman padi petani tersebut membuat warga di dua desa kesulitan memenuhi pangan keluarga.
Selain itu, sebut Akhmad Fauzi, kedua desa tersebut tidak termasuk dalam desa yang mendapat beras raskin dari pemerintah pusat. Untuk itu, maka Pemkab Tanbu segera menyalurkan bantuan pangan berupa beras untuk memenuhi pangan keluarga di desa tersebut.
“Beras diambil dari gudang cadangan pangan milik Pemkab Tanbu. Bantuan berupa beras sebanyak 15 Kg/kk,” ujar Ir. Akhmad Fauzi.
Adapun total bantuan pangan yang diserahkan sebanyak 1.725 kg diperuntukan bagi Desa Serdangan Kecamatan Kusan Hilir sebanyak 75 KK dan Desa Karya Bhakti Kecamatan Kusan Hilir untuk 40 KK. (metro7/relhum)