• Lomba Desa dan Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Kalsel
Paringin — Selama ini Kabupaten Balangan belum pernah berhasil meraih prestasi dalam mengikuti Lomba Desa dan Lomba Kelurahan tingkat Provinsi Kalimantan Selatan. Tahun ini harapan meraih prestasi dan mengharumkan nama daerah dibebankan kepada Desa Bihara Hilir Kecamatan Awayan dan Kelurahan Paringin Timur Kecamatan Paringin.
Desa Bihara Hilir dan Kelurahan Paringin Timur terpilih sebagai juara Lomba Desa dan Lomba Kelurahan tingkat Kabupaten Balangan tahun 2013. Keduanya dinilai memiliki kelebihan dan keunggulan dibanding desa dan kelurahan lainnya. Diantaranya dalam bidang administrasi, semangat gotong-royong masyarakat yang masih relatif tinggi, serta mempunyai kegiatan usaha ekonomi produktif dan inovasi kreatif yang menjadi nilai tambah bagi penghidupan keluarga dan masyarakat.
Bupati Balangan H Sefek Effendie dalam sambutannya pada penilaian Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Kalimantan selatan tahun 2013 mengharapkan keikutsertaan Desa Bihara Hilir dan Kelurahan Paringin Timur ini tidak sekedar mewarnai dan meramaikan kompetisi, akan tetapi dapat meraih prestasi.
Demi mewujudkan harapan itu, Sefek meminta perangkat desa dan kelurahan bahu membahu untuk bergotong royong dan berupaya secara maksimal dengan masyarakat. Semua komponen harus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya, khususnya berkaitan dengan kriteria lomba.
Lomba Desa dan Lomba Kelurahan adalah agenda rutin tahunan, yang dilakukan berjenjang dari tingkat kabupaten hingga nasional. Lomba ini dilaksanakan sebagai media untuk meningkatkan jiwa kebersamaan, gotong-royong membangun kelurahan dan desa.
Lomba desa dan lomba kelurahan hendaknya juga dapat dijadikan sebagai pemacu semangat pembangunan, memelihara kebersihan dan keindahan lingkungan, dan meningkatkan ketertiban administrasi pemerintahan kelurahan.
Selain itu, hal yang sangat penting adalah dengan lomba desa dan lomba kelurahan, akan benar-benar dapat menimbulkan dampak positif bagi penyelenggaraan pemerintahan kelurahan dan pelayanan kepada masyarakat. (Metro7/Sri)