KANDANGAN – Bupati Hulu Sungai Selatan Achmad Fikry, mengapresiasi terselenggaranya acara syukuran dan silaturrahim jamaah haji kloter 8 Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Tanah Bumbu yang berlangsung dipondopo Kabupaten HSS (05/10) pukul 10.00 wita, sebagai salah satu wadah pembinaan ukhuwa Islamiah.
Bupati juga mengharapkan kepada jamaah yang hadir agar semangat ibadah yang didapatkan selama di tanah suci kiranya tetap tercermin setelah tiba didaerah masing-masing.
 Turut hadir dalam acara tersebut, Kapolres kabupaten Hulu sungai selatan. Dandim 103 kandangan. Ketua golkar. Para kepala SKPD. Para camat se kabupaten hulu sungai selatan dan para jamaah haji yang terdiri dari 277 jamaah haji asal kabupaten Hulu Sungai Selatan dan 18 jamaah haji asal Kabupaten Tanah Bumbu.
 Kepala kantor agama saat ditemui metro7 di ruang kerjanya usai acara, mengatakan, kemudahan-kemudahan yang didapatkan oleh para jamaah haji, baik sebelum berangkat maupun setelah tiba kembali didaerah, tidak lepas partisipasi dan peran aktif dari pemerintah kabupaten Hulu sungai Selatan, yang berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang baik.
 Salah satu bentuk pelayanan pemerintah kabupaten HSS kepada jamaah haji sebelum berangkat adalah melakukan manasik haji secara gratis sebanyak 10 (sepuluh) kali, yang berpusat di kecamatan sebanyak 8 (delapan) kali dan dikabupaten sebanyak 2 (dua) kali.
 Menanggapi pertanyaan wartawan terkait dengan adanya jamaah haji yang meninggal, kepala kantor kementerian agama kabupaten HSS membenarkan kejadian tersebut. Adapun penyebab kematian jamaah tersebut, Kepala Kantor agama mengakui tidak mengetahui secara spesifik, karena tidak adanya laporan dari pihak dokter yang melakukan penanganan di lokasi.
“Namun sejauh ini, para keluarga yang ditinggalkan sudah mengetahui dan mereka ridha dengan takdir yang telah digariskan Oleh Tuhan yang maha kuasa,” paparnya. (metro7/andy)