►    Pelangsir Langsung Diamankan
Banjarmasin — Jajaran kepolisian agaknya semakin tegas melakukan pengamanan distribusi bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Buktinya, baru-baru tadi, Unit Tipidter Satreskrim Polresta Banjarmasin mengamankan Joko Utomo yang kedapatan melangsir BBM jenis solar dengan menggunakan mobil truk dengan tangki yang sudah dimodifikasi. Pelaku pun digelandang ke Mapolresta Banjarmasin.
Pelaku yang berdomisili di Perum Angkasa Sidomulyo Permai Blok H 24, Kelurahan Landasan Ulin, Banjarbaru, ini diamankan bersama barang bukti mobil truk DA 9043 TX.
Kasat Reskrim Polresta Banjarmasin Kompol Afner Juwono melalui Kanit Tipidter Ipda Waryana mengungkapkan bahwa pelaku diamankan berkat informasi dari masyarakat. Petugas menemukan bukti ratusan liter solar yang belum sempat dijual dan tangki bahan bakar yang diubah agar muatan solarnya bisa lebih banyak.
”Tangki bahan bakar truk itu sudah dimodif. Aturannya cuma bisa memuat sekitar 95 liter,” ujarnya.
Sebelum ditangkap, kata Waryana, pelaku sudah satu kali antre di SPBU dengan nomor register 64 70106 di kawasan Jln Gubernur Subarjo, Lingkar Selatan. “Antre yang pertama sudah habis terjual 140 liter. Ketika ditangkap pelaku baru saja usai mengantre di SPBU tersebut, jadi tidak sempat menjual. Solarnya masih utuh sebanyak  140 liter ada di dalam tangki truk,” jelasnya.
Solar tersebut akan dijual kembali kepada pengecer seharga Rp7.000.  “Sejumlah saksi yakni dari operatornya sudah kita mintai keterangan. Pertama pelaku membeli dan operatornya adalah Winda dan pembelian kedua operatornya adalah Ali,” ujarnya. (Metro7/Fit)